• Novi Amaliyah

5 Dessert Khas Prancis Yang Bisa Jadi Suguhan Natal


Tak hanya jadi pusat mode, Prancis juga jadi kiblat gastronomi dunia. Tak hanya dikenal dengan kelezatan dan tampilannya yang cantik serta menggugah selera. Siapa akan menolak deretan dessert khas Perancis yang lezat dan istimewa. Berikut deretan dessert khas Perancis istimewa yang bisa dijadikan suguhan Natal.

Croquembouche

Croquembouche merupakan kue pernikahan tradisional Prancis, dessert satu ini juga dijadikan sebagai pencuci mulut yang mengesankan untuk acara-acara khusus dan menyambut musim liburan. Croquembouche versi klasik merupakan tumpukan kue choux yang ditumpuk dan disusun menjadi menara berbentuk pohon mengerucut yang direkatkan menggunakan karamel dan dhihias dengan kacang almond atau gulali. Croquembouche modern menambahkan variasi dengan rasa dan dekorasi krim pastry yang kreatif, dari bunga hingga sugar art dan cokelat leleh.



Opera Cake

Opera cake disebut gâteau opéra dalam bahasa Prancis, cake ini terbuat dari lapisan sponge cake dengan paduan kacang almond bubuk yang ringan dengan krim kopi dan dark chocolate ganache yang memberikan lapisan yang khas cake satu ini.





Madeleines

Madeleines adalah salah satu pastry Prancis klasik yang berukuran seperti cookie tetapi dengan tekstur seperti sponge cake yang dicetak menggunakan cetakan khusus.

Padukan Madeleines dengan secangkir kopi, teh, cokelat panas, atau bahkan segelas wine.



Bûche de Noël

Bûche de Noël atau dikenal juga dengan yule log cake, Bûche de Noël menjadi andalan Natal di Prancis dan di seluruh dunia. Cake satu ini terbuat dari bolu gulung yang dilapisi dengan krim cokelat dan dihias agar terlihat seperti kayu gelondongan.





Dark Chocolate Truffle

Dark chocolate truffle ini terbuat dari adonan dark chocolate ganache yang ditaburi cocoa powder. Meski kecil, kelezatan Dark Chocolate Truffle Prancis ini tiada duanya. Cokelat satu ini juga bisa menjadi bingkisan manis untuk orang tersayang serta pencuci mulut yang nikmat.