• Novi Amaliyah

5 Hidangan Ikonik Khas Spanyol


Secara historis, Spanyol dibagi menjadi beberapa kerajaan kecil, masing-masing dengan bahasa, budaya, dan masakannya sendiri. Spanyol dipisahkan menjadi 17 daerah otonom, masing-masing dengan masakan uniknya sendiri. Tetapi ada beberapa hidangan yang populer di seluruh daerah di Spanyol dan beberapa di dunia internasional mengenal beberapa makanan populer ini menjadi hidangan ikonik yang khas dari negara matador ini. Berikut 6 Hidangan ikonik khas dari Spanyol.


Tortilla Espanola (Omelet Spanyol)

Hidangan satu paling umum disajikan dan mudah dijumpai di Spanyol, tortilla Espanola adalah telur dadar versi Spanyol. Di Spanyol, ini disebut tortilla de patata (telur dadar kentang) karena dibuat dengan kentang dan telur ditambah dengan bawang bombai untuk perasa. Sekilas tampilannya mirip dengan quiche khas Prancis namun tanpa kerak garing, tortilla Espanola dipotong menjadi irisan dan disajikan sebagai tapas, camilan pagi hari, atau diiris dan digunakan sebagai isian roti lapis.


Gazpacho (Sup Tomat Dingin Andalusia)


Hidangan gazpacho yang menyegarkan ini berasal dari daerah panas dan kering Andalusia. Tetapi hidangan khas Andalusia ini mudah dijumpai di berbagai daerah di Spanyol apalagi saat musim panas. Sup tomat dengan tekstur yang halus dan lembut ini disajikan dingin dengan topping, sup tomat juga terkadang disajikan dalam cangkir sebagai minuman. Sup tomat bercitarasa segar ini terbuat dari tomat dan sayuran segar, minyak zaitun, cuka dan sedikit roti untuk mengentalkan.



Paella de Morisco (Nasi Seafood Spanyol)


Paella Valenciana berasal dari Valencia, sebagai tempat asal nasi campur khas Spanyol atau Paella. Nasi campur ini biasanya dicampur dengan kelinci, siput, dan sayuran kemudian dimasak di atas bara api. Sajian khas Valencia ini telah berkembang menjadi hidangan paling terkenal di Spanyol, di mana ikan, kerang, daging sapi, daging babi, dan ayam dapat digunakan dengan berbagai cara. Apa pun protein yang ditambahkan, tidak ada paella de marisco yang lengkap tanpa rempah saffron yang memberikan rona warna kuning oranye khas Paella.


Jamon Serrano (Ham Spanyol)


Beberapa daerah di Spanyol terkenal dengan ham yang mereka hasilkan, tetapi ham satu ini dikonsumsi di seluruh negeri dan dianggap sebagai makanan gourmet yang berharga. Saat berbicara tentang ham yang diawetkan dengan udara kering, Spanyol adalah produsen terbesar dan konsumen terbesar ham yang diawetkan. Daging ham yang diawetkan sangat bervariasi di Spanyol, mulai dari yang terjangkau hingga mahal. Ada dua jenis ham khas Spanyol, yaitu jamon Serrano dan jamon Iberico. Jamon Serrano dibuat dari beberapa jenis babi putih yang diproses selama 7 hingga 16 bulan.



Chorizo Sausage ( Sosis Daging Babi Khas Spanyol)


Berbagai macam sosis chorizo ​​dimakan di setiap daerah di Spanyol setiap saat. Chorizo ​​adalah sosis babi yang paling diawetkan beberapa juga ada yang dalam bentuk segar. Sosis khas Spanyol ini terbuat dari daging babi cincang yang direndam dalam rempah-rempah termasuk paprika, dan paprika inilah yang memberi chorizo ​​rasa dan warna yang khas. Casing wadah untuk sosis ini dapat dimakan, dan chorizo ​​dimakan hanya dengan diiris dan dimakan langsung atau dengan roti bisa juga digunakan dalam berbagai hidangan sebagai bahan utama.


Churros


Churros, kudapan manis satu ini adalah donat goreng Spanyol yang terkenal di seluruh dunia. Kudapan ini biasanya dinikmati untuk sarapan atau makanan ringan sore Spanyol yang disebut merienda, dan dijual di kafe, bar churros, hingga gerobak pedagang kaki lima. Churros tradisional Spanyol hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran, yang paling umum adalah lingkaran atau panjang. Di Spanyol churros biasanya dimakan begitu saja atau ditaburi gula, madu sebagai pemanis. Kayu manis bukanlah topping khas di Spanyol, tetapi umum dengan churros Meksiko. Churros juga luar biasa saat dicelupkan ke dalam cokelat panas Spanyol yang kental dan lembut.

© 2019 yukmakan channel