• Maria Yuliana Kusrini

5 Jenis Ramen Dari Daerah Hokkaido

Ramen selalu diidentikkan sebagai salah satu hidangan khas Jepang yang punya citarasa sedap di lidah. Olahan mi dengan kuah serta beragam topping ini, punya banyak sekali jenis atau variannya lho. Dari sekian banyak alasan, varian ramen itu juga bisa dibedakan berdasarkan daerahnya. Hal ini terjadi karena di setiap daerah di Jepang memiliki bahan atau topping tambahan berbeda untuk ramennya.



Khusus untuk daerah Hokkaido punya jenis ramen yang berbeda dengan daerah lainnya. Ramen khas Hokkaido ini pun juga dipecah lagi berdasarkan kotanya masing-masing. Dan berikut ini lima jenis ramen yang ada daerah Hokkaido.


Kushiro Ramen

Sesuai dengan namanya, ramen ini berasal dari Kota Kushiro. Citarasa dari kuah ramennya cenderung tidak terlalu kuat menohok. Sedangkan untuk mi yang digunakan teksturnya halus dan berukuran kecil.

Kitami Ramen

Ramen dari Kota Kitami ini menggunakan kuah kaldu bawang bombay. Saat menyantapnya aroma dan rasa bawang bombay begitu mendominasi yang berpadu dengan citarasa khas kecap asin.


Asahikawa Ramen

Ramen asal Kota Asahikawa ini selalu identik dengan penggunaan jenis mi keriting.


Sapporo Ramen

Sapporo Ramen ini merupakan salah satu dari tiga jenis ramen yang sangat disukai oleh masyarakat Jepang. Untuk kuah yang digunakan, jramen asal Kota Sapporo ini paling terkenal menggunakan rasa miso. Walaupun pada waktu pertama kali diperkenalkan, ramen ini menggunakan kuah rasa shio.


Hakodate Ramen

Ramen dari Kota Hakodate ini konon masih mengikuti gaya asli Tiongkok, asal mula olahan ramen itu berasal. Untuk kuah yang digunakan adalah kuah rasa shio. Meski masih mengikuti pakemnya, namun penjual ramen di Hakodata ada juga yang menambahkan banyak bubuk keju sebagai topping ramen.