• Novi Amaliyah

5 Kuliner Populer Dunia Yang Kaya Aneka Rempah


rempah-rempah
Aneka rempah

Setiap budaya dikenal dengan kuliner khasnya masing-masing. Paduan penggunaan rempah-rempah memeberikan citarasa khas tersendiri. Beberapa masakan populer dunia dikenal karena penggunaan aneka ragam paduan bumbu dan rempah yang memberikan citarasa nikmat tersendiri.

Kamu bisa memperkaya kamus rasa dan aroma dengan mencoba berabagai bahan bumbu dengan mencici berbagai kuliner populer dunia. Kamu juga bisa membuat paduan rempah favoritmu pada masakan yang kamu buat. Namun begitu kamu bisa memulai dengan membuat paduan bumbu dan rempah dasar yang biasa digunakan dalam masakan populer dunia seperti Mediterania, India, Timur Tengah, Mexico hingga Tiongkok. Apa saja paduannya, yuk coba kita kenali bumbu kaya rempah dari aneka masakan populer dunia berikut.


Bumbu Mediterania

Mediterania meliputi negara-negara yang berbatasan dengan Laut Mediterania tetapi yang paling menonjol dalam hal budaya dan kuliner yang terkenal di kawasan ini termasuk makanan dari Spanyol, Italia, dan Yunani. Kamu pasti juga sudah mengenal bagaimana kepopuleran diet Mediterania yang konon dapat memperpanjang usia. Basil dan peterseli adalah salah beberapa bahan yang selalu digunakan dalam masakan Mediterania. Selain itu ada juga seperti rosemary, oregano, mint, sage, daun salam yang banyak digunakan dalam masakan mereka. Aneka rempah seperti biji adas, biji dill, lada hitam, biji jinten, dan paprika juga memperkaya citarasa khas Mediterania. Cobalah resep bumbu Italia dan Yunani ini untuk memulai dan sesuaikan sesuaikan selera kamu.


Timur Tengah

Kuliner Timur Tengah meliputi negara-negara di Timur Tengah seperti dari Afrika Utara hingga Afghanistan. Masakan Timur Tengah yang paling populer ada Turki, Lebanon, dan Israel. Rempah-rempah yang sering digunakan dalam kuliner Timur Tengah ini termasuk oregano dan thyme sementara rempah-rempah yang sering digunakan ketumbar, jinten, sumac, kunyit, biji adas manis, allspice, dan kapulaga. Kamu juga mungkin pernah mendengar istilah Za'atar, ini adalah campuran rempah-rempah terkenal khas Timur Tengah yang banyak digunakan. Termasuk sebagai olesan pada daging domba dan paduan untuk labneh atau hummus. Kemudian ada juga Baharat, dimana merupakan campuran lain yang sangat populer dan sering dilihat sebagai garam masala dari masakan Timur Tengah.

Tak hanya pada masakan, rempah-rempah juga digunakan pada kudapan manis Timur Tengah seperti kapulaga dan kayu manis, serta kacang pistachio dan air mawar.


India

India adalah jantung perdagangan rempah-rempah selama berabad-abad, karena iklim tropisnya yang bersahabat untuk berbagai rempah. Beberapa contoh yang paling populer termasuk jahe, kunyit, ketumbar, fenugreek, jinten, kapulaga hitam dan hijau, fenugreek, dan lada hitam. Garam masala adalah salah satu paduan bumbu rempah untuk membiasakan diri dengan masakan India, karena meskipun ada perbedaan garam masala tergantung wilayahnya. Paduan rempah ini digunakan digunakan disemua wilayah di India. Hampir mirip dengan kuliner Timur Tengah, sajian penutup India juga menggunakan bahan-bahan seperti kacang, air mawar, buah-buahan kering, dan kapulaga.


Mexico

Masakan Meksiko memiliki beberapa paduan rempah dan bumbu dengan berbagai variasi dari masing-masing wilayah. Rempah-rempah seperti jinten, ketumbar, allspice, cengkeh, dan kayu manis banyak digunakan, serta rempah-rempah seperti epazote, oregano Meksiko, dan daun salam Meksiko tak ketinggalan aneka cabai dari Mexico.


China

Masakan Cina memiliki beragam citarasa yang berbeda dari masing-masing wilayah bahkan bagaimana masakan ini diolah. Seperti bagaimana teknik memasak Guangzhou (sebelumnya Kanton) seringkali sangat berbeda dari masakan Sichuan yang lebih beraroma. Rempah-rempah yang sering digunakan mulai dari jahe, cengkeh, kayu manis Cina, adas bintang, merica Sichuan, adas, dan jinten, sedangkan bahan lainnya termasuk biji wijen, berbagai macam cabai, dan pasta kacang yang difermentasi. Mungkin campuran rempah-rempah yang paling terkenal dari Cina adalah bubuk lima rempah, yang digunakan untuk membumbui masakan seperti daging tahu, dan sayuran.

Foto:Dok. Getty Images