• Maria Yuliana Kusrini

5 Makanan Bali Favoritnya Happy Salma

Wanita dengan nama lengkap Jero Happy Salma Wanasari itu mengakui jika dirinya suka makan. Dan dari sekian banyak jenis makanan yang disukainya, tentu makanan Indonesia tak luput jadi favoritnya. Telah beberapa tahun menetap dan tinggal di Bali, wanita yang lebih akrab disapa Happy Salma itu pun juga menyukai makanan atau masakan Bali.


Saat ditanya mengenai makanan khas Bali yang disukainya, istri dari Tjokorda Bagus Dwi Santana Kertayasa itu langsung menyebutkan lima makanan berbeda. “Makanan khas Bali yang saya suka itu bebek betutu, ayam bumbu genep, sayur paku, plecing kacang, dan tentunya sambal matah. Yang membuat saya tidak bisa lepas dari Bali itu adalah makanannya,” ungkap wanita kelahiran Sukabumi, Jawa Barat, 4 januari 1980.

Bebek Betutu

Betutu merupakan salah satu cara masak yang lekat akan Bali. Selain bisa menggunakan bebek, juga bisa menggunakan daging ayam sebagai bahan bakunya. Olahan betutu sendiri menggunakan banyak bumbu rempah sehingga punya citarasa yang begitu kuah saat disantap. Mulai dari bawang merah, bawang putih, lada, kunyit, lengkuas, jahe, kencur, sereh, dan lainnya. Bumbu yang sudah dihaluskan itu dibalurkan pada bebek kemudian bungkus dengan pelepah pinang dan daun pisang. Masak dengan cara dibakar dalam sekam selama berjam-jam lamanya.


Ayam Bumbu Genep

Masakan khas Bali juga tak pernah lepas dari yang namanya bumbu genep. Bumbu ini memadukan beberapa rempah, mulai dari kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, kencur, lengkuas, kemiri, daun salam, sereh, dan lainnya. Ayam Bumbu Genep sendiri punya citarasa yang khas, kaya akan rempah, sekaligus aromanya yang pastinya menggugah selera.

Sayur Paku

Tak hanya lauk atau menu yang berbahan daging saja yang digemari Happy. Olahan sayur juga tak lepas dan dijadikan salah satu menu favoritnya. Salah satunya adalah Sayur Paku atau yang juga biasa disebut sebagai daun pakis. Umumnya, masyarakat Bali menjadikan pakis sebagai salah satu bahan untuk membuat lawar.

Plencing Kacang

Selain Sayur Paku atau Pakis, Happy juga favorit pada sayur Plencing Kacang. Sajian yang juga dikenal dengan sebutan Jukut Bejek ini menjadikan kacang panjang sebagai bahan utamanya. Tak lupa aneka bumbu rempah jadi kunci utamanya.

Sambal Matah

Siapa sih yang sanggup melewat sambal khas Bali yang satu ini. Punya aroma yang begitu wangi dan rasa yang khas, Sambal Matah memang berupa sambal mentah. Paduannya terdiri dari potongan cabai rawit, bawang merah, bawang putih, sereh, hingga minyak kelapa. Sambal ini biasanya selalu hadir menemani berbagai sajian khas Bali. Tak heran jika seorang Happy Salma pun juga suka dengan sambal ini.

© 2019 yukmakan channel