• Novi Amaliyah

5 Makanan Jepang Sederhana Yang Bisa Dibuat Di Rumah


Kalau kamu termasuk salah satu penggemar makanan Jepang, dimasa tidak menentu seperti sekarang ini kamu pasti harus cermat menghitung budget pengeluaran untuk makan di luar. Selain bisa lebih berhemat kamu juga meningkatkan keahlian memasak di dapur.


Meski beberapa makanan Jepang membutuhkan keterampilan khusus, ada makanan yang cukup sederhana dan cukup mudah untuk dibuat, bahan-bahan untuk membuatnya pun cukup mudah ditemukan. Berikut 5 makanan Jepang sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Selamat mencoba.

Onigiri

Onigiri atau nasi kepal berbentuk bulat, ada juga yang dibuat segitiga dan sering dijadikan ke dalam kotak makan siang bento khas Jepang atau juga dijumpai di convenience store yang dijual satuan. Onigiri dibuat dengan nasi sushi yang diberi cuka beras. Onigiri biasanya diisi dengan berbagai isian bisa sayuran, ikan, maupun daging, kamu bisa memasukan apapun yang kamu suka.


Miso Shiru

Sup miso adalah salah satu sup khas Jepang yang paling populer. Sup ini dibuat menggunakan bumbu dengan miso (pasta kedelai) dengan kuah kaldu umami. Selain mudah dibuat, sup ini juga sangat bergizi. Kuah kaldu ini terbuat dari kaldu dashi yang terbuat dari niboshi (ikan sarden kering kecil), kombu (rumput laut kering), katsuobushi (serutan tipis bonito kering asap dari ikan cakalang atau tuna kemudian ada hoshi-shiitake (shiitake kering). Potongan tahu sutra, irisan daun bawang, wakame, dan jamur maupun sayur bisa menambah meriah miso shiru buatanmu.


Gyudon

Saajian ini merupakan sajian khas Jepang yang terdiri dari semangkuk nasi dengan daging sapi bersalur lemak dimasak dalam bumbu saus manis yang dibumbu dengan dashi. Dashi sendiri terbuat dari kaldu ikan dan rumput laut, ditambah shoyu, mirin, dan ditambah irisan bawang bombay. Paduan daging sapi yang empuk dan lembut serta paduan bagian lemak membuat sajian ini begitu nikmat.


Beef Kushiyaki

Kushiyaki adalah istilah kuliner Jepang yang mengacu pada makanan apa pun yang ditusuk dan dipanggang. Dalam resep kushiyaki daging sapi yang digunakan adalah bagian sengkel yang kemudian diiris tipis setelah itu direndam dalam saus rendaman campuran gula, soyu, sake, jahe, bawang putih, wijen kemudian dipanggang dan langsung disantap. Sekilas rasanya mirip dengan daging bumbu teriyaki tapi tidak terlalu manis.

Tempura

Tempura adalah gorengan khas Jepang yang populer. Kamu bisa membuat aneka tempura sayuran favorit kamu ataupun tempura dari makanan laut seperti cumi maupun udang.