• Novi Amaliyah

5 Makanan Khas Ramadan Dari Berbagai Daerah

Sebagai negara yang memiliki keragaman suku dan budaya, menjadikan Indonesia kaya akan kuliner yang beragam dari ujung Barat hingga ujung Timur. Tak hanya itu, Indonesia juga menjadi negara dengan penduduk muslim tertinggi di dunia, dimana setiap tahunnya menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Pengaruh budaya di masing-masing daerah ini menghadirkan budaya serta sajian khas daerah yang hanya bisa dijumpai saat bulan Ramadan tiba. Di Jakarta sendiri sajian berbuka puasa biasanya berupa sop buah, mi goreng, bihun goreng, aneka gorengan hingga lontong dengan isian oncom atau sayuran yang disajikan dengan sambal kacang. Beda daerah, beda juga makanan untuk berbukanya. Berikut beberapa sajian selama Ramadan dari berbagai daerah di Indonesia


Kolak

Sajian manis berkuah satu ini paling populer disajikan selama bulan Ramadan. Kolak terdiri dari potongan pisang kepok, ubi jalar, singkong, kolang-kaling yang dimasak dalam kuah santan dengan paduan gula aren serta daun pandan untuk menambah aroma yang sedap. Saat ini kolak hadir dengan berbagai variasi seperti menambahkan sagu mutiara atau mengganti gula aren dengan gula pasir biasa.



Biji Salak

Meski namanya biji salak bukan berarti makanan yang berasal dari Sumatera Barat ini terbuat dari biji salak. Kudapan khas untuk berbuka puasa satu ini terbuat dari ubi jalar dengan tepung sagu yang dimasak dalam kuah santan dengan paduan gula aren atau gula jawa yang sudah ditambahkan daun pandan.



Es Pisang Ijo dan Es Palu Butung

Pisang Ijo, sajian yang populer dari Sulawesi ini menjadi menu yang menyegarkan untuk berbuka puasa. Terbuat dari pisang yang digulung dalam kulit terbuat dari tepung terigu berwarna hijau ini disajikan dengan bubur dari tepung beras ditambah sirup frambozen berwarna merah, santan, dan es serut. Sedangkan Es Palu Butung terbuat dari pisang kepok yang dikukus kemudian disajikan dengan bubur sumsum dari tepung beras, sirup merah, dan es serut.



Bubur Kampiun

Kudapan manis dari Sumatera Barat ini berisi berbagai macam isian seperti bubur biji salak (conde), bubur sumsum, ketan hitam, ketan putih, kolak pisang atau ubi, bubur kacang hijau, dan lainnya. Di beberapa daerah, bubur kampiun memiliki beberapa variasi campuran seperti lupis ketan putih sebagai pengganti ketan atau bubur delima pengganti bubur biji salak atau bubur conde.



Bongko Kopyor

Makanan khas berbuka dari Gresik ini terbuat dari lembaran roti tawar dipadukan dengan kuah santan yang manis dan gurih, ditambah dengan serutan daging kelapa muda, pisang, nangka, dan bubur mutiara yang dikemas dalam daun pisang.


Foto.Dok.Istimewa

© 2019 yukmakan channel