• Novi Amaliyah

5 Manfaat Kesehatan Bayam Merah Yang Jarang Orang Ketahui


Bayam merah
Selain kaya serat, bayam merah juga memiliki manfaat untuk kesehatan

Seperti kita ketahui bayam merupakan salah satu sayuran yang punya banyak manfaat untuk kesehatan. Sayur satu ini juga termasuk dalam sayur yang sering dikonsumsi sehari-hari, selain mudah untuk diolah bayam juga cukup mudah ditemukan dengan harga yang terjangkau. Selain bayam hijau yang biasa ditemui sehari-hari ada juga bayam merah. Bayam merah memiliki nama latin Alternanthera strigosa.

Bayam merah dapat tumbuh di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Seperti bayam hijau dan bayam merah juga bisa dikonsumsi.


Khasiat umum yang sudah diketahui masyarakat tentang bayam merah adalah untuk mengatasi sakit kepala, selain itu digunakan sebagai pengobatan untuk mengatasi diare, bayam ungu juga dapat melancarkan buang air kecil. Bayam merah memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh seperti zat besi, mangan, magnesium, asam folat, serat, protein, kalsium dan kandungan lainnya. Untuk vitamin, bayam ungu mengandung vitamin A dan vitamin K yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Bayam ungu juga mengandung saponin, flavonoid, dan tanin. Bayam ungu memiliki khasiat antidiare, antinyeri. Berikut 5 Manfaat kesehatan bayam merah.


1. Mengatasi sakit kepala

Gunakan rebusan daun bayam ungu untuk mengatasi sakit kepala yang menganggu. Rebus daun bayam merah sebanyak 60 gr dengan 200 ml air selama 15 menit. Setelah itu, saring airnya tunggu sampai dingin lalu diminum.


2. Mengatasi disentri

Disentri adalah infeksi usus yang menyebabkan diare dengan darah atau lendir. Untuk mengatasinya bisa mencoba meminum air dari batang bayam merah. Caranya, ambil 10 batang dan akar bayam merah. Tumbuk sampai halus. Kemudian masukkan ke dalam air hangat dan tambahkan sedikit gula. Aduk rata lalu saring dan minum.


3. Melancarkan sistem pencernaan

Serat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar sistem pencernaan. Seperti sayuran lainnya, bayam ungu juga memiliki banyak kandungan serat. Dengan mengkonsumsi bayam merah, maka akan membantu sistem pencernaan dalam tubuh menjadi lebih lancar dan terhindar dari masalah sembelit.


4. Mengatasi anemia

Anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh kekurangan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Anemia dapat menyebabkan cepat lelah, sakit kepala, sulit berkonsentrasi, mual, dan muntah, juga membuat kulit terlihat pucat. Bayam merah memiliki kandungan zat besi dan folat yang tinggi yang dapat membantu mengatasi anemia. Kandungan folat mendukung produksi sel darah merah. Sehingga tubuh dapat memiliki sel darah merah yang cukup dan terhindar dari anemia.


5. Bermanfaat untuk kesehatan ginjal

Ginjal berfungsi menyaring darah bersih, sehingga darah kotor bisa dikeluarkan. Jika ginjal bermasalah, darah kotor bisa menyebar ke dalam tubuh dan membahayakan organ lain. Bayam ungu merupakan sayuran yang bisa mencegah tubuh kita mengalami masalah ini. Bayam ungu memiliki kandungan yang mendukung kinerja ginjal menjadi lebih baik sehingga ginjal dapat menyaring darah dengan normal.