• Novi Amaliyah

5 Manfaat Kesehatan Daun Ketumbar


Daun ketumbar, tanaman bumbu satu ini banyak digunakan dalam masakan khas Asia juga Mexico. Selain memberikan aroma yang khas pada masakan. Cilantro atau daun ketumbar juga ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan.


Cilantro telah lama digunakan sebagai obat untuk masalah kesehatan internal, seperti makanan super lainnya. Penggunaan daun ketumbar sudah dilakukan selama berabad-abad sebelumnya. Ramuan ini digunakan untuk mengobati berbagai penyakit, mulai dari masalah usus hingga bau mulut serta meningkatkan libido yang menurun. Penelitian saat ini menunjukkan tingginya kadar Vitamin A & C serta kaya mineral, seperti zat besi dan kalsium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Cilantro juga kaya antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan mata. Berikut 5 manfaat kesehatan yang bisa didapat dari daun ketumbar.


Menurunkan Kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi biji ketumbar memiliki pengurangan kolesterol jahat (LDL) dan kadar trigliserida yang signifikan serta meningkatkan tingkat kolesterol sehat dalam aliran darah. Ini berarti tidak hanya dapat digunakan untuk membantu mereka yang menderita kolesterol tinggi dan penyakit jantung tetapi juga dapat membantu sebagai tindakan pencegahan terhadap serangan jantung dan stroke.


Antijamur & Detoksifikasi

Minyak esensial ketumbar sering digunakan dalam membersihkan tubuh dan telah digunakan di masa lampau untuk membersihkan tubuh dari keracunan merkuri. Dalam dosis kecil, minyak ini juga dapat digunakan untuk merawat kondisi kulit seperti eksim atau luka bakar ringan. Ini dikarenakan minyak dari ketumbar memiliki efek pembersihan yang mendalam dan antijamur bila digunakan secara topikal seperti di masker wajah.


Antioksidan & Sumber Vitamin

Ketumbar dikemas penuh dengan antioksidan, vitamin A & C dan mineral seperti kalsium. Ini tidak hanya akan membantu menangkal flu yang tidak diinginkan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


Meredakan Sakit Perut

Kandungan mineral dasarnya dapat membantu relaksasi otot yang berkontraksi, yang disebabkan oleh gangguan pencernaan dan diare. Karena daun ketumbar memiliki kandungan tinggi senyawa antimikroba seperti Borneol dan Limonene dan yang juga membantu dalam masalah menenangkan usus, mual, dan muntah.


Mengurangi Nyeri Menstruasi

Ketumbar adalah stimulan alami dan mengatur sekresi yang tepat dari kelenjar endokrin. Dampak hormon ini memiliki kemampuan untuk membantu mengatur siklus menstruasi dan mengurangi rasa sakit yang saat datang bulan seperti kram dan usus yang terlalu aktif.

© 2019 yukmakan channel