• Novi Amaliyah

5 Manfaat Kesehatan Selai Kacang Mete


selai kacang mede
Cashew Butter atau selai kacang mede beberapa tahun belakangan jadi salah satu selai kacang yang populer, tak hanya enak ternyata juga punya banyak manfaat kesehatan

Siapa tak suka kacang mete, camilan satu ini rasanya cukup sayang untuk dilewatkan sebagai salah satu kudapan wajib untuk ngemil. Tak hanya bisa dijadikan sebagai menu camilan untuk ngemil, ternyata ada alternatif lain untuk menikmati kacang ini secara lebih sehat karena tidak disajikan dengan menggorengnya terlebih dahulu. Selai Kacang Mete atau cashew butter mungkin belum terlalu populer dibanding selai kacang biasa. Tahukah kamu selain enak, selai kacang mede juga punya banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Selai Kacang mete bisa menjadi bahan tambahan untuk aneka olahan sajian yang sehat. Mulai dari olesan untuk roti hingga tambahan pada smoothie. Setiap porsi selai kacang mete mengandung banyak nutrisi, seperti protein, zat besi, magnesium dan tembaga, lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh dan lain-lain. Tak hanya dijadikan selain, kacang mede juga bisa dijadikan susu nabati yang baik untuk manula. Berikut 6 manfaat kesehatan kacang mede seperti dilansir dari berbagai sumber.


1. Cocok Untuk Vegan dan Vegetarian Selai kacang mede bisa menjadi salah satu pilihan sumber protein nabati yang bersahabat bagi pelaku gaya hidup vegan maupun vegetarian. Selain bisa dikonsumsi dalam bentuk selai atau butter kacang mede juga bisa diolah menjadi susu kacang mede yang nikmat.

Kacang mete kaya akan sumber sumber karotenoid dan polifenol yang hebat. Keduanya adalah dua jenis antioksidan, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan membuat tubuh tetap sehat dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.


2. Mengandung Lemak Sehat

Kacang mete memiliki lemak tak jenuh berupa asam lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung, membantu menurunkan berat badan, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Kacang mete juga sumber terbaik dari asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, dan kemungkinan mengembangkan diabetes tipe 2. Risiko kematian dini yang lebih rendah juga dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kacang mete. Lemak jahat mampu membuat penumpukan kolesterol di arteri. Dengan menambahkan selain kacang mede dalam asupan sehari-hari dapat membantu membersihkan penumpukan kolesterol di arteri.


3. Kaya Nutrisi

Selai mete lebih baik dari selai kacang lainnya karena mengandung banyak nutrisi yang baik dan penting. Meski tidak mengandung asam lemak omega3, tetapi kacang mede kaya asam amino esensial, lemak tak jenuh tunggal, dan magnesium. Semua nutrisi ini sangat bagus untuk tubuh, terutama untuk menjaga tekanan darah, metabolisme, dan sistem kekebalan tubuh. Jambu mete juga memiliki kandungan besi dan tembaga tertinggi di antara kacang pohon lainnya. Karena alasan ini, selai kacang mete juga dipercaya dapat membantu melawan anemia. Selain itu, juga rendah gula. Ini juga memiliki jumlah tembaga yang tinggi, yang merupakan mineral penting untuk perkembangan otak yang sehat, produksi energi dan sistem kekebalan yang berfungsi. Selain nutrisi tersebut, kacang mete membantu pencernaan merasa kenyang. Itu sebabnya selai kacang mete juga dapat dikonsumsi untuk membantu mengontrol berat badan.


4. Aman Dikonsumsi

Selai kacang mede merupakan salah satu makanan sehat dari kacang yang aman untuk dikonsumsi. Kamu bisa memilih kacang mete sebagai pengganti selai kacang yang biasa ditemui, pastikan untuk membaca label kemasan untuk memastikan bahan kandungan selai kacang mede yang akan kamu beli.


5. Serbaguna

Selai kacang mede merupakan salah satu makanan sehat yang serbaguna. Kamu bisa menggunakan sebagai olesan untuk roti panggang maupun dipadukan dalam smoothie. Bisa juga sebagai paduan sajian saat menikmati Pad Thai khas Thailand yang bisa menggunakan kacang mete goreng sebagai pelengkap.