• Novi Amaliyah

5 Manfaat Mengonsumsi Kacang Pistachio



Hampir seluruh keluarga kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin. Dianjurkan konsumsi protein sebaiknya dalam jenis yang beragam seperti paduan protein nabati dan hewani. Dalam sehari sebaiknya, minimal ada tiga jenis protein yang dikonsumsi, bisa berasal dari paduan daging merah, ayam, ikan, telur dan kacang-kacang.


Ada beragam kacang-kacangan yang mengandung banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang diperlukan untuk tubuh. Salah satunya kacang pistachio, kacang berwarna hijau dengan lapisan kulit yang keras ini berasal dari Timur Tengah. Kacang pistachio dinamakan smiling nut di Timur Tengah, sedangkan di China dikenal sebagai happy nut.


Kacang pistachio merupakan salah satu kacang tertua, kacang ini sudah dikonsumsi sejak 7000 SM. Sekarang ini kacang pistachio populer dipadukan dalam berbagai makanan hingga untuk es krim. Selain enak, kacang satu ini juga mengandung banyak manfaat seperti memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi, kaya akan nutrisi esensial, serta memiliki manfaat untuk membantu mengurangi berat badan, serta baik untuk kesehatan jantung dan pencernaan. Berikut 5 manfaat kesehatan mengonsumsi kacang pistachio.


Kaya Nutrisi

Kacang pistachio merupakan salah satu kacang yang kaya nutrisi, mengandung kandungan vitamin B yang tinggi salah satunya vitamin B6. Vitamin B6 memiliki beberapa fungsi penting, diantaranya sebagai pengatur gula darah, pembentukan hemoglobin, molekul yang membawa oksigen ke dalam sel darah merah. Pistachio juga kaya potassium, anti oksidan hingga dan kaya serat.


Tinggi Anti Oksidan

Kacang pistachio menjadi salah satu kacang yang mengandung anti oksidan tinggi diantara semua kacang dan biji-bijian selain kacang walnut dan kacang pecan. Kacang pistachio mampu mencegah kerusakan sel yang mampu mengurangi risiko dari berbagai macam penyakit, salah satunya kanker. Dari semua kacang, pistachio juga mengandung kandungan lutein dan zeaxanthin yang tinggi dari semua kacang. Keduanya berfungsi untuk kesehatan mata. Selain itu pistachio juga mengandung polyphenols dan tocopherols yang mampu melawan kanker dan gangguan penyakit jantung.


Rendah Kalori Namun Tinggi Kandungan Protein

Meski mengonsumsi kacang memiliki banyak keuntungan namun biasanya kacang memiliki kandungan kalori yang tinggi, tidak begitu dengan pistachio. Kacang satu ini merupakan salah satu kacang yang rendah kalori namun mengandung kandungan protein tinggi. Pistachio memiliki kandungan asam amino yang paling tinggi diantara semua kacang dimana sangat penting bagi tubuh, karena tubuh tidak bisa memproduksi sendiri asam amino.


Membantu Menurunkan Berat Badan

Meski sebagai salah satu makanan yang padat energi, kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang paling bersahabat untuk dikonsumsi saat menjalanankan program penurunan berat badan. Pistachio kaya akan serat dan protein, keduanya meningkatkan rasa kenyang dengan membantu memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi porsi makan.


Menurunkan Kadar Gula Darah

Meskipun memiliki karbohidrat yang tinggi dari semua kacang, pistachio mengandung indeks glikemik yang rendah. Ini berarti dengan mengonsumsi pistachio tidak akan membuat lonjakan kadar gula dalam darah.  Selain kaya serat dan lemak sehat, kacang pistachio juga kaya akan antioksidan, magnesium, karotenoid dan senyawa phenolic, yang semuanya bermanfaat untuk mengontrol gula darah.


© 2019 yukmakan channel