• Novi Amaliyah

5 Negara Dengan Keju Feta Yang Bisa Kamu Coba



Banyak orang mengasosiasikan feta dengan Yunani, karena memang keju ini berasal dari Yunani dan telah dibuat selama ribuan tahun lalu. Feta juga telah terdaftar sebagai produk Protected Designation of Origin (PDO), dan menurut hukum Uni Eropa, satu-satunya feta yang asli adalah yang dibuat di Yunani.


Namun, banyak negara Balkan serta negara lain (seperti Prancis, Israel, dan Amerika Serikat) juga memproduksi feta, meskipun menurut peraturan EU Protected Designation of Origin regulations, keju feta yang diproduksi di luar Yunanai harus disebut keju bergaya feta" atau menggunakan nama keju lainnya.


Di mana pun keju feta dibuat, karakteristik dasar keju feta tidak akan, keju bercitarasa asin dan tajam dengan tekstur lembut dan rapuh ini adalah salah satu jenis keju serbaguna. Memang akan ada sedikit perbedaan, bagaimanapun, dalam rasa dan tekstur, tergantung pada jenis susu yang digunakan baik susu sapi, domba atau kambing dan di mana feta dibuat.


Namun secara tradisional, feta adalah keju yang terbuat dari susu domba. Seringkali, juga mencampurkan antara susu kambing dan domba. Feta diklasifikasikan memiliki antara 45 dan 60 persen susu domba atau susu kambing. Berikut keju feta dari beberapa negara yang bisa kamu coba untuk menentukan keju feta mana yang menjadi favorit kamu.


Greek Feta

Secara tradisional dibuat dari susu domba, meskipun terkadang dicampur dengan sedikit susu kambing. Asin dan tajam, dengan rasa lemon, creamy dan lembut, meskipun versi dengan lebih banyak susu kambing cenderung lebih rapuh. Sayangnya, keju ini mungkin sulit didapat karena pembatasan susu yang tidak dipasteurisasi dan permintaan yang tinggi di negaranya sendiri.


French Feta

Paling sering dibuat dengan susu domba, terkadang dari kelebihan susu domba yang tidak digunakan untuk membuat Roquefort. French feta biasanya lembut dan creamy. Beberapa feta susu kambing juga dibuat di Prancis dan bisa sedikit lebih kering dan lebih tajam.


Bulgarian Feta

Terbuat dari susu domba. Teksturnya lebih creamy, tapi rasa asinnya bervariasi. Kadang-kadang memiliki sedikit rasa berumput atau domba yang dicampur dengan hasil akhir yang tajam dan beragi.


Feta Israel

Memiliki rasa yang penuh, lembut, dan biasanya tidak terlalu asin. Paling sering dibuat dari susu domba.


American Feta

Biasanya terbuat dengan domba, kambing atau bahkan susu sapi. Rasa yang dominan tajam dan teksturnya kurang lembut dan lebih rapuh.Kamu juga dapat menemukan keju feta dari Italia, Jerman, Denmark, dan Australia.