• Novi Amaliyah

5 Rempah Yang Berkhasiat Meningkatkan Daya Ingat


Daun pegagan
Daun pegagan selain berkhasiat mengurangi peradangan, daun ini juga dapat meningkatkan daya ingat

Otak kita memainkan peran besar dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari bangun tidur hingga waktunya untuk beristirahat di malam hari. Otak bahkan juga berperan dalam cara kita tidur, otak menjadi organ yang luar biasa karena benar-benar bekerja sepanjang waktu.

Tak heran, terkadang ada saat-saat dimana otak kita merasa lelah yang membuat jadi pelupa atau seringkali merasa kesulitan untuk fokus saat bekerja dan merasa lamban untuk berfikir.


Untuk membantu mengatasi masalah ini, ternyata ada beberapa rempah dedaunan alami yang dapat membantu meningkatkan produktivitas, fokus mental, dan meningkatkan kekuatan otak agar lebih optimal. Berikut 5 rempah yang dapat membantu meningkatkan daya ingat, seperti dilansir Healthline.


1.Daun Pegagan

Daun pegagan atau dikenal juga dengan sebutan gotu kola, tanaman yang memiliki nama latin centella asiatica ini berasal dari Asia Tenggara, Australia dan India. Tanaman ini biasanya dijadikan sebagai tonik untuk menyeimbangkan fungsi otak secara keseluruhan. Dimana berkhasiat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mendukung fungsi memori. Lebih khusus lagi, ramuan daun pegagan merupakan adaptogen, yang artinya dapat membantu tubuh 'beradaptasi' terhadap stres secara lebih efektif. 2. Rosemary Rempah aromatik satu ini merupakan salah satu rempah yang selalu digunakan dalam setiap olahan masakan Mediterania. Ternyata selain aromanya yang nikmat rosemary juga merupakan berkhasiat sebagai penguat otak, terutama bila digunakan sebagai minyak esensial dalam aromaterapi. Mencium minyak esensial rosemary diyakini dapat meningkatkan efisiensi dan kemampuan kerja otak. Selain itu, minyak esensial rosemary juga dapat membantu retensi memori.


3. Ginko Biloba

Rempah satu ini telah digunakan selama berabad-abad dalam praktik penyembuhan kuno yang diyakini menawarkan banyak manfaat kognitif. Beberapa penelitian menunjukkan ginkgo biloba dapat membantu menyembuhkan dan meregenerasi sel-sel di otak. Studi lebih lanjut menunjukkan bahwa tanaman ampuh ini juga dapat meningkatkan memori, perhatian dan bahkan kecerdasan. Namun perlu diingat, rempah satu ini juga dikenal sebagai pengencer darah dan tidak boleh digunakan bersamaan dengan NSAID, ibuprofen, aspirin, warfarin atau obat pengencer darah lainnya.


4. Tulsi (Holy Basil)

Otak adalah organ vaskular dan tidak dapat berfungsi secara optimal tanpa suplai darah yang memadai. Tulsi atau holy basil yang sering digunakan dalam masakan Thailand ini ternyata memiliki khasiat untuk membantu mengoksidasi otak dan meningkatkan sirkulasi darah ke otak, yang pada akhirnya dapat memberikan banyak manfaat bagi fungsi kognitif secara keseluruhan. Beberapa orang yang menggunakan daun tulsi juga terbukti dapat membantu memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik.


5. Ginseng

Ginseng terkenal digunakan untuk meningkatkan vitalitas dan meningkatkan fungsi mental secara menyeluruh. Rempah satu ini juga merupakan adaptogen yang diakui, artinya juga dapat membantu tubuh dan otak untuk mengatasi efek stres dengan lebih baik. Selain itu, ginseng bahkan dapat membantu melindungi sel-sel otak dari racun dan beta-amiloid, yang merupakan bagian integral untuk mencegah penurunan mental yang berkaitan dengan usia.