• Novi Amaliyah

6 Bahan Pengganti Kecap Ikan Untuk Masakan



Kecap ikan, kondimen satu ini terbuat dari ikan yang difermentasikan hingga dua tahun. Kecap ikan adalah salah satu kondimen yang sering digunakan dalam berbagai sajian khas Asia Tenggara. Kecap ikan memberikan rasa yang kaya, gurih, bersahaja, dan umami untuk banyak hidangan, seperti pad thai, pho, salad pepaya hijau, dan aneka tumisan. Umami, dikenal sebagai rasa kelima dalam istilah Jepang yang diterjemahkan menjadi rasa gurih yang menyenangkan. Rasa berasal dari tiga zat umami yang biasa ditemukan dalam protein nabati dan hewani, dan saus ikan kaya akan citarasa umami.


Jika kebetulan di dapur sedang kehabisan kecap ikan tetapi membutuhkan kecap ikan sebagai salah satu bumbunya tau kamu memang tidak menyukai rasanya atau vegetarian. Kamu bisa mengganti kecap ikan dengan beberapa bahan di bawah ini untuk mendapatkan citarasa umami pada masakanmu.


Kecap Asin

Kecap asin bisa jadi pilihan pengganti kecap ikan bagi mereka yang vegetarian. Kecap asin terbuat dari kacang kedelai yang difermentasi, air, dan gandum. Karena asam amino dalam kacang kedelai, kecap asin memiliki rasa umami yang kaya dengan sedikit rasa manis.


Tamari

Tamari merupakan jenis kecap asin namun diproses secara berbeda dari kecap tradisional dan menggunakan bahan yang berbeda. Tamari terbuat dari air, garam, dan pasta miso yang mengandung kedelai ditambah air garam yang disebut moromi, serta jamur yang disebut koji. Tamari memiliki rasa umami yang lebih kaya, lebih kuat, dan lebih asin daripada kecap karena kandungan protein kedelai yang lebih tinggi.


Saus Tiram

Saus tiram bisa menjadi pengganti kecap ikan dengan mudah karena memiliki citarasa yang sama meski saus tiram lebih kental. Tambahkan pada aneka tumisan, tambahan untuk bumbu rendaman maupun nasi goreng.


Kecap Ikan Vegan

Jika kamu mengikuti diet vegan atau alergi ikan, saat ini ada banyak kecap ikan vegan yang tersedia di pasaran. Biasanya kecap ikan vegan terbuat dari jamur shiitake, amino cair, dan kecap asin. Liquid Aminos, adalah ekstrak asam amino yang diekstrak dari nira kelapa yang difermentasi atau kedelai yang dihidrolisis dicampur dengan air dan garam. Jamur juga mengandung asam amino yang bertanggung jawab untuk rasa umami.


Rumput Laut

Rumput laut sangat kaya dengan nutrisi dan tinggi kandungan amino acid glutamate yang kaya dengan rasa umami. Rumput laut juga biasa ditambahkan pada kaldu atau sup dalam masakan Korea dan Jepang. Rumput laut dengan kandungan glutamat yang tinggi seperti nori dan beberapa tipe kombu seperti rausu, ma, rishiri, hidaka dan naga. Jika ingin citarasa umami yang lebih ringan pilih rumput laut wakame dibanding kombu yang memiliki kandungan glutamate yang lebih sedikit.


© 2019 yukmakan channel