• Novi Amaliyah

6 Cara Praktis Memasak Asparagus


Asparagus, sayur satu ini biasanya dijadikan sebagai pendamping untuk menikmati steak baik daging maupun steak ikan. Tertarik untuk menyajikan sajian berbeda di rumah, kamu bisa menyajikan asparagus sebagai salah satu menu. Meski bisa dinikmati tanpa dimasak sebagai campuran salad. Kamu juga bisa mengolah asparagus dengan merebus, menumis atau dipanggang. Berikut 7 cara memasak asparagus seperti chef handal.


Direbus

Cara termudah untuk mengolah asparagus adalah dengan merebus. Siapkan panci besar untuk merebus asparagus, beri sedikit garam. Rebus asparagus hingga warnanya berubah menjadi hijau muda dan lembut, kira-kira sekitar 1 - 3 menit. Tergantung dari besar batang asparagus. Setelah direbus masukkan asparagus ke dalam wadah berisi air es yang sudah disiapkan, ini berfungsi untuk menghentikan proses memasak di dalam asparagus, sehingga warnanya tetap hijau dan segar.


Dikukus

Memasak asparagus dengan cara dikukus akan membutuhkan waktu lebih lama dibandingan dengan direbus.Tapi dengan cara ini nutrisi yang terdapat dalam batang asparagus terjaga lebih baik. Cukup letakkan di dalam kukusan, panci kukusan transparan akan lebih mudah untuk mengecek apakah asparagus sudah siap diangkat atau belum. Panaskan kukusan dengan suhu tinggi, kemudian setelah uap yang tercipta cukup banyak saat air mendidih, masukkan asparagus dan biarkan 2 - 5 menit. Tergantung tebal batangnya, semakin tebal tambahkan waktu untuk mengukusnya. Setelah warnany menjadi hijau muda dan empuk segera angkat dan rendam ke dalam air es.


Dipanggang

Panaskan oven dengan suhu 200 ° C, sapukan minyak zaitun pada seluruh permukaan asparagus, kemudian beri bumbu lada dan garam. Panggang asparagus dalam oven selama sekitar 9-11 menit, kemudian balik bagian lainnya. Saat matang, asparagus akan menjadi empuk dan ujungnya kecokelatan.


Dibakar

Asparagus juga bisa diolah dengan di bakar sebagai salah satu menu untuk BBQ, kamu bisa merebusnya sebentar terlebih dahulu terutama untuk batang asparagus yang tebal. Bakar di atas bara selama 5 - 8 menit, sesuaikan dengan tebal dan tipis batangnya.


Tumis

Sebelum ditumis, potong-potong terlebih dahulu batang asparagus, kamu bisa menumisnya dengan bawang putih dan bawang bombay agar lebih nikmat. Tumis selama 3 - 5 menit, tergantung tebalnya.


Pan-Fried

Cara ini bisa dibilang paling mudah dan praktis, kamu cukup memasak asparagus dengan sedikit minyak zaitun dalam wajan anti lengket. Bumbui dengan lada dan garam, masak selama 3 - 5 menit sambil dibolak-balik hingga kecoklatan.