• Novi Amaliyah

6 Langkah Membuat Ramen Instan Seenak di Restoran



Dengan penerapan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar yang ditetapkan oleh pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19 membuat kita sebaiknya tidak sering-sering untuk keluar rumah. Padahal terkadang kangen juga menikmati makanan favorit seperti bakso atau ramen di restoran favorit.

Namun penerapan PSBB juga berimbas pada tutupnya sejumlah restoran, tak terkecuali restoran ramen favorit kamu. Saatnya kamu berkreasi dan menunjukkan kemampuanmu di dapur. Kamu bisa membeli ramen instant yang mudah ditemukan di berbagai supermarket. Yang kamu perlukan hanya usaha lebih untuk mendapatkan semangkuk ramen istimewa seenak di restoran favorit kamu. Berikut 6 langkah praktis untuk membuat ramen instan seenak di restoran.


Buat Kuah Kaldu Sendiri

Tahukah kamu kunci kelezatan ramen adalah pada kuah kaldu dasar yang digunakan. Lupakan kaldu dengan bumbu instant yang gurih dan penuh MSG. Buatkan kaldu sebelumnya, kamu bisa menggunakan tulang sapi atau ayam untuk membuat kaldu daging dengan citarasa yang kaya. Kalau kamu lebih suka bercitarasa seafood kamu bisa gunakan kulit udah ataupaun kepala dan tulang ikan. Atau bisa juga kaldu dari sayuran dan jamur untuk vegetarian.


Tambahkan Aroma

Untuk menambah dan meningkatkan aroma yang menggugah selera, tambahkan beberapa bahan pada ramen yang kamu buat. Kamu bisa menambahkan bawang putih, rajangan daun bawang maupun jahe untuk menambah aroma.



Tambahkan Saus

Kamu bisa menambahkan saus sambal favorit jika kamu memang pecinta pedas, atau bisa juga membuat racikan sendiri dari irisan cabe rawit segar untuk citarasa pedas yang lebih berani.


Tambahkan Sayuran Segar

Sebagian orang mungkin ada yang tidak suka sayur, tapi di saat seperti sekarang ini asupan sayuran dan buah menjadi sangat penting. Tambahkan sayuran segar pada ramen instan buatanmu, kamu bisa menambahkan sawi, pokcoy, daun ginseng, apapun sayuran favorit kamu. Bisa juga menambahkan jamur agar lebih meriah.


Tambahkan Protein

Tak lenggkap rasanya menikmati semangkuk ramen tanpa irisan daging ataupun telur rebus setengah matang yang meleleh di mulut. Kamu bisa menambahkan lembaran daging sapi yang biasa digunakan untuk membuat sukiyaki, potongan tahu sutera, otak-otak ikan ataupun daging babi cincang. Sesuaikan saja dengan seleramu.


Tambahkan Topping

Saatnya menambahkan topping untuk menambah tampilan ramen menjadi lebih meriah sekaligus menambahkan tekstur. Beri topping ramen dengan taburan wijen, furikakeatau abon jepang, taburan, kimchi bila suka, nori, rajangan daun ketumbar, kucuran minyak wijen atau minyak cabe atau irisan jeruk nipis, pilih favorit kamu.

© 2019 yukmakan channel