• Novi Amaliyah

6 Langkah Praktis Membuat Smoothie Sehat


Meningkatnya popularitas gaya hidup sehat juga meningkatkan kepopuleran smoothie. Bahkan beberapa brand yang mengusung gaya hidup sehat menjadikan smoothie sebagai produk andalan. Berbeda dengan jus, smoothie memiliki tekstur yang lebih kental sehingga lebih mengenyangkan. Smoothie juga bisa dijadikan pilihan untuk pelaku diet untuk menurunkan berat badan maupun asupan setelah berolahraga.


Smoothie bisa dibuat sendiri di rumah lho! Selain menyehatkan, smoothie praktis dan mudah dibuat. Menggunakan buah dan sayuran favorit, yuk simak 6 langkah praktis membuat smoothie sehat di rumah.


1. Pilih bahan dasar cair smoothie

Pertama tentukan bahan dasar cair untuk membuat smoothie favoritnya. Bisa gunakan susu kacang almond yang akan memberikan citarasa gurih pada smoothie atau bisa juga menggunakan air kelapa, teh dingin, kopi dingin, dan kefir.


2. Pilih buah

Pilih buah favorit untuk membuat smoothie. Untuk mendapatkan citarasa creamy, maka bisa menggunakan pisang. Jika ingin citarasa yang segar, bisa pilih berries seperti blueberry, strawberry, atau raspberry sebagai paduan. Atau bisa juga menambahkan buah kiwi, jeruk, apel, mangga, atau kurma.


3. Pilih sayuran favorit

Kamu juga bisa menambahkan sayuran seperti kale, bayam, wortel, mentimun, seledri, hingga pokcoy.


4. Tambahkan lemak sehat

Agar smoothie memiliki nutrisi yang lengkap, bisa juga ditambahkan lemak sehat. Mulai dari almond butter, virgin coconut oil, flaxseed oil, alpukat, kacang mede, hingga kacang pecan.


5. Penambah rasa

Untuk memberikan ciarasa yang lebih berani, bisa menambahkan bahan lain seperti lemon, jeruk nipis, jahe, mint, vanilla, kayu manis, madu, atau cokelat bubuk.


6. Pilih pengental

Berbeda dengan jus, smoothie memiliki tekstur yang lebih kental. Sebagai pengentalnya, bisa menambahkan plain yoghurt greek, flaxseed meal, chia sheed, oat, atau protein powder.


7. Efek dingin

Smoothie dingin tentunya akan terasa lebih nikmat. Untuk itu bisa menggunakan sayuran dan buah beku, maka tidak perlu lagi menggunakan tambahan es batu sebagai pendinginnya.


© 2019 yukmakan channel