• Novi Amaliyah

6 Manfaat Kesehatan Cuka Apel



Cuka apel atau apple cider vinegar adalah obat rumahan yang populer. Orang-orang telah menggunakannya selama berabad-abad untuk memasak juga sebagai obat. Banyak orang mengklaim cuka sari buah apel ini dapat meringankan berbagai keluhan kesehatan.


Cuka sari apel dipercaya memiliki berbagai sifat menyehatkan, termasuk efek antimikroba dan antioksidan. Terlebih lagi, bukti menunjukkan cuka apel menawarkan berbagai manfaat kesehatan, seperti membantu penurunan berat badan, mengurangi kolesterol, serta menurunkan kadar gula darah. Berikut 6 manfaat kesehatan yang bisa didapat dari cuka sari apel.


Mengandung Zat yang Menyehatkan

Cuka sari apel dibuat dengan cara memfermentasi gula dari apel. Ini mengubahnya menjadi asam asetat, yang merupakan bahan aktif utama dalam cuka yang bermanfaat untuk kesehatan. Pilih cuka sari apel raw organic unpasteurized, karena sari cuka apel ini masih mempunyai residu dari berapa serat, pectin, bakteri dan ragi. Raw berarti kaya akan enzim yang dapat membantu penyembuhan pada gangguan pencernaan. Organic berarti tidak mengandung pestisida dan bahan kimia.


Dapat Membunuh Bakteri Berbahaya

Zat utama dalam cuka sari apel adalah, asam asetat yang dapat membunuh bakteri berbahaya atau mencegahnya berkembang biak. Bahan ini memiliki sejarah penggunaan sebagai desinfektan dan pengawet alami.


Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dan Mengontrol Diabetes

Cuka sari apel menunjukkan mampu meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu menurunkan respons gula darah setelah makan. Sebuah penelitian kecil pada penderita diabetes menujukkan bahwa mengonsumsi 2 sendok makan cuka sari apel sebelum tidur mampu mengurangi gula darah puasa sebesar 4% pada keesokan paginya.


Membantu Menurunkan Berat Badan

Studi menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat meningkatkan perasaan kenyang sehingga membantu mengurangi asupan kalori, yang dapat berimbas pada penurunan berat badan.


Meningkatkan Kesehatan Kulit

Cuka sari apel secara alami bersifat asam dan memiliki sifat antimikroba. Ini berarti dapat membantu mencegah infeksi. Cuka sari apel adalah obat umum yang sering digunakan untuk mengatasi kondisi kulit seperti kulit kering dan eksim. Kulit secara alami bersifat sedikit asam. Menggunakan cuka sari apel sebagai obat topikal dapat membantu menyeimbangkan pH alami kulit, dan meningkatkan perlindungan pada kulit.

© 2019 yukmakan channel