• Novi Amaliyah

6 Manfaat Kesehatan Jintan



Jintan atau cumin dalam bahasa Inggris adalah bumbu rempah yang memiliki rasa agak pahit, aroma harum yang khas. Jintan banyak digunakan pada sajian soto, gulai, rendang dan lainnya. Selain memberikan aroma yang khas dan citarasa sedap ternyata bumbu satu ini satu ini juga memiliki efek kesehatan untuk penyembuhan.

Selain digunakan dalam berbagai sajian Nusantara, jinten juga menambah kedalaman yang sempurna untuk sajian Meksiko, serta elemen rempah yang kaya pada sajian India serta masakan Timur Tengah.


Bumbu kuno ini telah digunakan sejak dulu karena khasiat penyembuhan yang dimilikinya. Faktanya, masyarakat Romawi Kuno dan Yunani biasa menggunakannya sebagai alternatif yang lebih murah daripada lada hitam! Berikut 6 manfaat kesehatan jintan bagi tubuh kita.

Membantu Memperkuat Pencernaan

Jintan adalah salah satu bahan paling penting dalam Ayurvedic Kitchari, yang tercatat sebagai salah satu obat untuk pencernaan yang sangat kuat. Jintan mengandung minyak yang merangsang sekresi enzim pankreas yang sangat penting untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Mengandung Sifat Anti-Kanker

Istilah ini banyak disematkan ke dalam berbagai bahan makanan maupun rempah yang mengandung nutrisi alami. Ada banyak penelitian yang luar biasa tentang seberapa efektif khasiat penyembuhan dari bumbu satu ini. Jintan mengandung penuh nutrisi dengan kecenderungan terhadap pembersihan radikal bebas. Jintan telah lama digunakan dalam praktek Ayurvedic selama berabad-abad.


Kaya Zat Besi

Meskipun tidak disarankan untuk mendapatkan semua asupan harian hanya dari rempah. Namun asupan jintan dalama makanan yang dikonsumsi dapat membantu meningkatkan kadar zat besi. 100 gr rempah-rempah mengandung 66,4mg mineral esensial.


Mengurangi Perut Kembung & Tingkatkan Aliran Urin Untuk Mendetoksifikasi

Jintan memiliki sifat pencernaan yang luar biasa, tetapi ada cara lain bahwa rempah-rempah dapat membantu untuk mengurangi perut kembung. Ini dikarenakan jintan adalah diuretik alami, yang meningkatkan fungsi ginjal yang sehat dan membersihkan racun di dalam tubuh. Peningkatan aliran urin dalam tubuh membantu untuk mengatasi penyumbatan dan melepaskan retensi air. Intinya, jinatn berfungsi untuk memperlancar detoksifikasi.


Menjaga Kesehatan Reproduksi

Ada dua cara yang membuat jintan membantu menjaga sistem reproduksi. Rempah-rempah adalah afrodisiak alami, yang meningkatkan hasrat seksual melalui reaksi kimia di otak. Jintan juga tercatat berperan menjaga siklus menstruasi yang sehat. Jintan membantu rahim untuk berkontraksi dan dapat melepaskan darah yang terperangkap. Jika kamu mengalami masalah dengan siklus haid yang tidak teratur, cobalah merendam dua sendok makan jintan dalam segelas air semalaman, dan minum keesokan paginya sebelum mengonsumsi apapun. Dapat diulang sampai siklus haid kamu menjadi teratur.


Menambah Citarasa Masakan Lebih Berani dan Menggugah Selera Makan

Selain memiliki manfaat kesehatan, jintan juga memberikan aroma pada makanan jadi lebih menggugah selera serta mampu menerbitkan air liur. Ilmu pengetahuan menyebutkan bahwa bahkan penyebutan makanan saja dapat memicu reaksi di otak untuk merangsang produksi air liur, yang menghasilkan enzim penting untuk membantu memecah makanan kita sejak awal.

© 2019 yukmakan channel