• Novi Amaliyah

6 Manfaat Kesehatan Jus Wortel


Jus wortel banyak disarankan untuk dikonsumsi rutin karena kaya akan nutrisi. Jus wortel didapatkan dari hasil perasan wortel baik menggunakan juicer atau blender. Tak hanya segar jus wortel juga sangat bernutrisi. Tak hanya kaya akan potassium dan vitamin C tapi juga kaya akan vitamin A. Dipercaya dengan mengonsumsi jus wortel tak hanya dapat meningkatkan imunitas tubuh tetapi juga meningkatkan kesehatan mata dan kulit. Berikut 8 manfaat kesehatan dari jus wortel seperti dilansir dari Healthline.

Kaya Nutrisi


Jus wortel sarat dengan vitamin A dan vitamin C dan K yang tinggi juga mengandung senyawa tanaman yang disebut karotenoid, yang bertindak sebagai antioksidan. Jus wortel juga menyediakan pigmen karotenoid lutein dan zeaxanthin, yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Antioksidan melawan molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas. Karotenoid utama dalam jus wortel adalah beta karoten, yang bertanggung jawab atas warna oranye wortel. Tubuh mengubahnya menjadi vitamin A antioksidan.


Dapat Meningkatkan Kesehatan Mata

Jus wortel adalah sumber karotenoid yang sangat baik, termasuk beta karoten, lutein, dan zeaxanthin, yang penting untuk kesehatan mata dan dapat melindungi dari degenerasi makula terkait usia. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata. Beberapa penelitian mengaitkan asupan buah dan sayuran yang mengandung provitamin A dengan penurunan risiko kebutaan dan penyakit mata terkait usia.


Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Sebagai sumber yang kaya vitamin A, B6, dan C, jus wortel dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Baik vitamin A dan C yang ditemukan dalam jus wortel bertindak sebagai antioksidan dan melindungi sel kekebalan dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, jus ini kaya akan vitamin B6, yang mampu menyediakan lebih dari 30% kebutuhan harian dalam 1 cangkir (240 mL). Vitamin B6 tidak hanya diperlukan untuk respons imun yang optimal, tetapi kekurangan vitamin B6 juga terkait dengan imunitas yang melemah.


Meningkatkan Kesehatan Kulit

Jus wortel menyediakan vitamin C dan beta karoten, dua antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan. Vitamin C juga diperlukan untuk produksi kolagen, yang memperkuat kulit.


Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Jus wortel merupakan sumber potasium yang baik, mineral yang berperan penting dalam pengaturan tekanan darah. Diet tinggi kalium telah terbukti melindungi dari tekanan darah tinggi dan stroke. Kalium dan antioksidan dalam jus wortel dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan faktor risiko penyakit jantung.

Dapat melindungi Kesehatan Hati

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa efek anti-inflamasi dan antioksidan dari karotenoid dapat melindungi dari penyakit non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD) karena tingginya jumlah karotenoid yang terkandung dalam jus wortel.

© 2019 yukmakan channel