• Novi Amaliyah

6 Manfaat Kesehatan Lidah Buaya


Beberapa tahun belakangan cream perawatan kulit alove vera atau yang dikenal dengan sebutan lidah buaya menjadi begitu populer dan banyak dicari. Cream lidah buaya memang sudah banyak dimanfaatkan untuk perawatan kulit akibat terbakar sinar matahari. Ini karena lidah buaya punya efek yang menenangkan.


Tetapi tahukah kamu manfaat lain dari tanaman super ini. Tak hanya memiliki efek menenangkan, lidah buaya ternyata juag memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan.

Lidah buaya menghasilkan dua zat, yang pertama ada bagian daging berwarna bening saat lidah buaya dikupas, dan zat kedua adalah getah, yang dapat ditemukan tepat di bawah kulit tanaman dan berwarna kuning.


Baik daging dan getah ini keduanya dapat dicerna atau dioleskan ke kulit dimana keduanya memiliki banyak manfaat kesehatan. Berikut manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari lidah buaya. Berikut 6 manfaat kesehatan lidah buaya.

Mengandung Antioksidan dan Antibakteri Penyembuhan

Lidah buaya memiliki lebih dari 75 komponen yang berpotensi aktif, termasuk vitamin, mineral, asam amino, enzim, dan asam salisilat. Ini memberikan 20 dari 22 asam amino yang dibutuhkan tubuh kita untuk tumbuh dan berfungsi dengan baik, dan kedelapan asam amino esensial yang kita butuhkan untuk pertumbuhan jaringan, produksi energi, fungsi kekebalan tubuh, dan penyerapan nutrisi. Lidah buaya juga menyediakan 12 antrakuinon, dimana merupakan senyawa organik yang bertindak sebagai analgesik / pembunuh rasa sakit, antibakteri, dan antivirus.Di dalam lidah buaya mengandung hormon yang disebut auksin dan giberelin, yang membantu menyembuhkan luka dan memiliki sifat anti-inflamasi - hal yang sangat kuat.

Membantu Menyembuhkan Luka Bakar

Lidah buaya telah lama digunakan sebagai obat rumah untuk luka bakar, yang paling umum dikenal adalah kulit terbakar akibat sinar matahari. Tapi tahukah bahwa lidah buaya juga bisa digunakan pada luka bakar? Sebuah studi pada pasien dengan luka bakar yang diobati dengan lidah buaya lebih cepat sembuh dibandung dengan luka bakar yang diberi salep.

Bertindak Sebagai Pencahar untuk Sembelit

Getah lidah buaya yang ditemukan di bawah kulit tanaman, mengandung obat pencahar alami yang disebut antrakuinon yang jika diminum secara oral, dapat membantu mengatasi sembelit. Dosis yang disarankan untuk mengatasi sembelit adalah 100-200 miligram jus lidah buaya setiap hari, sesuai kebutuhan.



Membantu Menenangkan Lapisan Usus

Jika menderita Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau Ultrativecolatis, lidah buaya dapat digunakan untuk menenangkan lapisan usus dan meredakan peradangan. Dimana lidah buaya mampu bertindak sebagai perisai terhadap apa pun yang bersifat asam.


Dapat Meringankan Beberapa Kondisi Kulit

Kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya pada kulit untuk berbagai kondisi kulit termasuk psoriasis, jerawat, ketombe, ruam popok, dan luka baring. Karena lidah buaya meningkatkan sirkulasi darah ke area yang terkena dan mencegah kematian sel, lidah buaya membantu meningkatkan kemampuan penyembuhan tubuh.


Menyembuhkan Sariawan

Lidah buaya memiliki sifat antivirus dan anti-inflamasi yang mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi rasa sakit pada sariawan, dimana vitamin B6 yang terkandung didalamnya dapat bertindak sebagai pengobatan nyeri alami dan membantu sistem kekebalan tubuh. Coba oleskan gel lidah buaya beberapa kali sehari untuk memulai proses penyembuhan dan juga meredakan ketidaknyamanan akibat sariawan.


© 2019 yukmakan channel