• Novi Amaliyah

6 Manfaat Kesehatan Makan Sayur Mentah Yang Banyak Orang Tidak Ketahui


salad
Salad

Sayuran adalah salah satu makanan penting yang dibutuhkan tubuh. Karena sebagian besar sayuran memiliki kalori yang rendah namun kaya serat serta kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.


Di Indonesia umumnya sayuran disajikan dengan cara dimasak sebelumnya, tak banyak menu Indonesia yang menyajikan sayur dalam keadaan mentah. Biasanya sayuran disajikan dengan cara ditumis, direbus maupun dikukus. Namun, tahukah kamu jika sayuran juga baik untuk dimakan mentah?


Menurut Shayna Komar, ahli diet berlisensi dan terdaftar di Thomas F. Chapman Family Cancer Wellness di Piedmont seperti dilansir dari Living and Eating Well, orang yang terbiasa makan sayuran mentah akan merasa lebih berenergi, kulit yang sehat, pencernaan yang lebih baik, dan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Meski tidak semua sayuran bisa dikonsumsi mentah. Ada beberapa sayuran yang harus dimasak sebelum dikonsumsi, seperti kentang, brussel, kembang kol, brokoli, kacang merah, dan jamur.


Sebagai gantinya, konsumsilah sayuran berikut jika ingin dikonsumsi mentah antara lain seperti tomat, wortel, selada, paprika hijau, dan lain-lain. Penasaran dengan manfaat kesehatan yang luar biasa dari makan sayuran mentah? Berikut 6 manfaat mengonsumsi sayur mentah seperti dilansir Living and Eating Well.

1. Membuat Kulit Sehat dan Glowing Sayuran kaya akan air dan fitokimia. Mengonsumsi sayuran mentah secara teratur efektif untuk menjaga keremajaan dan elastisitas kulit. Beberapa sayuran bahkan membantu melawan tanda-tanda penuaan. Beberapa kandungan di dalam sayuran mentah bermanfaat untuk menjaga kekencangan kulit serta melawan kerutan. Seperti daun mint yang baik untuk kesehatan kulit.

2. Meningkatkan Kesehatan Usus Sembelit merupakan salah satu masalah pada usus yang sering dialami orang. Dengan serat makanan dan air yang terkandung di dalam sayuran mentah dapat membantu mencegah sembelit dan membantu meningkatkan kesehatan usus yang optimal. Dengan kata lain, makan sayuran mentah memberi makan bakteri usus yang baik. 3. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kronis Diabetes, penyakit jantung, gangguan otak dan beberapa jenis kanker dapat dicegah dengan mengkonsumsi sayuran mentah. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa dengan makan satu porsi ekstra sayuran hijau setiap hari dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sekitar 14% karena kandungan serat yang tinggi dari sayuran. Serat makanan dari sayuran mentah dipecah menjadi asam lemak. Asam lemak ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus.



4. Meningkatkan Energi dan Membantu Memperbaiki Mood Sayuran dapat meningkatkan tingkat energi, terutama jika kamu berhenti mengonsumsi karbohidrat dan makanan olahan dari daftar menu sehari-hari. Konsumsi sayuran mentah juga dikaitkan dengan kreativitas, rasa ingin tahu, dan kebahagiaan yang lebih besar. Konsumsi sayuran mentah membantu untuk membuat kita merasa lebih baik dan lebih tenang. 5. Membantu Mengontrol Berat Badan Sayuran mentah rendah karbohidrat, namun kaya serat. Oleh karena itu, sayuran dapat membantu menurunkan berat badan dan mengontrol berat badan jika dikonsumsi setiap hari. Kamu dapat menggabungkan makan sayuran mentah dengan beberapa kebiasaan sehat, seperti menghilangkan makanan olahan dan beberapa karbohidrat dari daftar menu sehari-hari dan jangan lupa berolahraga. Selain itu, serat makanan juga membantu meningkatkan penanda metabolisme, seperti tekanan darah, kolesterol, dan kadar gula darah.

6. Meningkatkan Performa Atletik Jadi Lebih Baik Performa atletik yang baik dapat diperoleh bila memiliki nutrisi yang tepat dan seimbang. Sayuran, khususnya, mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu pemulihannya juga. Ada beberapa sayuran yang direkomendasikan yang bisa dicoba yaitu seperti seledri, bit dan jus tomat segar. Meskipun makan sayur mentah bermanfaat dan memiliki banyak dampak baik bagi tubuh kita, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Keracunan makanan harus menjadi pertimbangan utama. Orang bisa saja keracunan makanan saat makan buah dan sayuran mentah karena mungkin ada beberapa bakteri yang biasanya mati saat sayuran dimasak. Jika ingin mengonsumsi sayuran mentah, pastikan untuk mencucinya hingga bersih sebelum dikonsumsi. Jika kurang suka mengonsumsi sayuran mentah, kamu bisa mencobanya dalam bentuk smoothie atau acar.