• Novi Amaliyah

6 Manfaat Sarang Madu Untuk Kesehatan Selain Sebagai Pemanis Alami


honeycomb
Sarang madu, selain sebagai pemanis alami ini juga mengandung segudang manfaat

Madu dikenal sebagai salah satu bahan yang mengandung segala kebaikan dari alam yang dihasilkan lebah. Selain digunakan sebagai pemanis alami, madu juga mengandung segudang manfaat kesehatan. Tak hanya madu, ternyata sarang lebah yang berbentuk hexagonal ini ternyata juga nikmat untuk dikonsumsi dan mengandung manfaat kesehatan yang tak terduga. Sarang madu atau honeycomb ini yang terbentuk dari nektar dan semacam lilin dimana menjadi ruang untuk menyimpan madu, polen lebah, telur, larva dan juga pupa lebah. Permukaan sarang madu ini berbentuk kenyal, sarang madu memiliki rasa yang mirip nektar dan selalu berubah tergantung pada iklim dan bunga mana yang diserbuki lebah madu untuk menghasilkan nektar. Apa saja manfaat sarang lebah ini, berikut 6 manfaat kesehatan sarang madu


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sarang madu membantu sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi sarang madu dapat membantu meredakan pilek, pilek, dan mata berair karena flu. Ini karena kandungan dari propolis lebah madu dalam sarang lebah yang memiliki efek anti alergi. Hal ini juga digunakan dalam mengobati bronkitis parah yang disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas. Propolis lebah madu dan ester lilin dari lilin lebah, membantu meredakan peradangan bronkial. Namun, ibu hamil dan anak di bawah satu tahun tidak boleh mengonsumsi sarang lebah karena bahaya botulisme. Antioksidan dari nektar mentah di sarang lebah adalah kelebihan lainnya yang bisa didapat, dimana dapat membantu mengendalikan radikal bebas berbahaya yang merusak jaringan tubuh. Ekstrak lilin lebah memastikan melawan kontaminasi yang disebabkan oleh organisme dan mikroorganisme penyebab penyakit. Mungkin juga membantu masalah pencernaan akibat parasit tertentu.


Pemanis Alami Pengganti Gula Yang Lebih Sehat

Untuk penderita diabetes atau siapa pun yang ingin mengurangi asupan gula mereka, nektar sarang lebah adalah pilihan yang bagus. Nektar lebih baik daripada gula, studi menunjukkan bahwa gula jauh lebih buruk, sirup jagung fruktosa tinggi yang dapat meningkatkan kadar glukosa lebih dari nektar.

Kaya Nutrisi

Nektar paling bergizi saat mentah dan baru dikumpulkan. Sarang madu kaya akan gula penambah energi. Selain bisa dijadikan sebagai sumber energi, sarang madu juga mengandung antioksidan. Pada umumnya, antioksidan adalah agen yang memerangi kerusakan radikal bebas dalam tubuh. Tubuh memberikan radikal bebas kapan pun seperti makan sumber makanan yang buruk, merokok, atau minuman keras. Selain itu, ada ukuran protein yang memadai untuk merakit dan memperbaiki otot secara konsisten pada batang sarang lebah.


Baik Untuk Kesehatan Jantung dan Fungsi Hati

Peningkatan kesehatan jantung dan hati adalah sebagian manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi sarang lebah. Honeycomb kaya akan karbohidrat sehat dan antioksidan, yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh. Lilin lebah dalam sarang lebah juga mengandung lemak tak jenuh rantai panjang, yang berguna untuk jantung dan juga untuk menurunkan kadar kolesterol jahat. Terlebih lagi, lilin lebah mengandung alkohol normal dengan karakteristik hepatoprotektif. Dimana dapat mencegah kerusakan hati dan bekerja pada kapasitas hati pada individu dengan infeksi hati berlemak.


Melawan Infeksi

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada batang sarang lebah menjadikannya penghalang potensial terhadap berbagai infeksi dan penyakit. Perlu diingat, sistem kekebalan tubuh adalah garis perlindungan pertama. Untuk meningkatkan dampak melawan infeksi dari sarang lebah, pilihlah untuk memadukan produk alami kaya suplemen lainnya yang mengandung antioksidan seperti buah beri, anggur, jeruk, aprikot, dan mangga.


Berkhasiat Untuk Kulit

Lilin lebah membantu melindungi dan memperbaiki kulit. Ada beberapa pendekatan yang pasti untuk menggunakan lilin lebah dalam jadwal perawatan kulit, mulai dari lip balm hingga eyeliner. Dalam banyak kemasan pelembab bibir dapat dipastikan beeswak sering jadi bahan baku utama untuk mengatasi bibir pecah-pecah. Beeswax atau lilin lebah memiliki banyak khasiat untuk penyembuhan. Sifat anti-inflamasi lilin lebah bekerja dengan penyembuhan luka. Selain itu juga bersifat defensif, tanpa menyumbat pori-pori.