• Novi Amaliyah

6 Pengobatan Rumahan Populer Ala Korea Yang Berkhasiat Untuk Kesehatan


Sam Gae Tang
Sam Gye Tang, sup ayam rempah dengan ginseng yang berkhasiat membantu pemulihan setelah sakit

Makanan dan pengobatan telah menjadi bagian erat dari budaya Korea. Dimana makanan juga memiliki khasiat kesehatan. Korea punya beberapa makanan yang populer berkhasiat kesehatan mulai dari mengatasi pilek, mabuk hingga makanan untuk meningkatkan energi yang sudah digunakan selama ratusan tahun lalu. Berikut 6 makanan rumahan yang populer di Korea yang berkhasiat untuk kesehatan.


Yuja Cha

Yuja Cha (Teh Yuzu) Korea bercita rasa manis dan asam yang nikmat dan kaya dengan Vitamin C. Teh ini populer sebagai obat flu dan pilek Korea, sangat mudah dibuat di rumah dibuat dari buah citron segar. Jika tidak dapat menemukan yuja segar bisa menggunakan Yuja Chung (Citron Tea Marmalade) yang mudah ditemukan di pasaran.



Sam Gye Tang
Sam Gye Tang, sup ayam ginseng

Sam Gye Tang

Sup ayam dengan ginseng (sam gae tang) digunakan sebagai asupan makanan pemulihan ketika orang sakit. Sam Gae Tang adalah salah satu menu tradisional yang dimakan dan dinikmati selama bulan-bulan musim panas. Orang Korea suka minum sup panas atau semur selama bulan-bulan musim panas dalam upaya melawan panas dengan panas. Karena ginseng dan jahe juga merupakan rempah-rempah "panas" menurut pengobatan Tiongkok, Setelah mengonsumsinya tubuh akan berkeringat dan melakukan detoksifikasi setelah meminum semangkuk sup panas ini di hari musim panas. Orang Korea percaya dengan menonsumsi Sam Gae Tang tubuh akan lebih mampu mengatur dirinya sendiri dan tetap sejuk di musim panas setelah didetoksifikasi dan diremajakan dengan semangkuk sam gae tang.

Jook
Jook, bubur beras

Jook

Jook (bubur nasi) selalu dimakan di Korea untuk melembutkan biji-bijian bagi orang miskin dan untuk menenangkan perut orang yang sakit, muda, atau tua. Menu ini juga masih bisa dinikmati sebagai camilan, sarapan, makanan ringan, atau sebagai makanan yang menyenangkan bagi orang sakit. Ginseng juga merupakan obat tradisional Korea untuk meningkatkan energi, vitalitas dan sistem kekebalan tubuh.


Baesuk
Baesuk, pear dan madu untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk

Pir dan Madu

Pir Asia dengan madu adalah obat rumah yang sederhana dan efektif untuk batuk dan sakit tenggorokan. Tidak seperti banyak obat batuk yang dijual bebas, obat ini membantu menyembuhkan gejala dan tidak hanya menekannya. Nikmati camilan lezat dan obat ini 2 hingga 3 kali sehari saat melawan virus flu.

Kongnamul Guk
Kongnamul Guk

Kongnamul Guk

Sup tauge Korea, murah dan mudah dibuat, memiliki rasa yang ringan dan menyegarkan. Sehat, penuh vitamin C, dan rendah kalori, juga baik untuk mengatasi mabuk. Tambahkan cabai merah bubuk khas Korea(kochukaru) yang baik juga untuk mengatasi flu. Kecambah mengandung asparagin tinggi yang dianggap membantu mengurangi asetaldehida, yang terbentuk secara normal di dalam tubuh setelah minum alkohol.



Yuk Gae Jan
Yuk Gae Jan

Yuk Gae Jang

Sup daging sapi pedas (yuk gae jang) adalah sup Korea bercitarasa pedas dan menghangatkan. Yuk Gae Jan berisi potongan daging dan sayuran, berwarna merah menyala, dan pedas. Cabai rawit yang menjadi salah satu sumber pedas makanan ini berkhasiat membersihkan sinus dan membersihkan hati.