• Novi Amaliyah

6 Region Penghasil Wine Favorit di Prancis


Bagi pecinta wine pasti sudah tidak asing lagi dengan wine Prancis yang dikenal dengan deretan winenya yang istimewa. Ada tujuh daerah penghasil anggur utama di Prancis yaitu Alsace, Bordeaux, Burgundy, Loire, Provence, dan Lembah Rhone terdiri dari wilayah anggur Prancis yang dominan. Daerah-daerah ini dikenal dengan varietas anggur tertentu seperti yang ditentukan oleh terroir asli distrik tersebut. Berikut 7 Region penghasil wine favorit di Prancis yang mungkin bisa kamu sambangi untuk berlibur nanti. 1. Bordeaux Lebih dari 85% anggur yang diproduksi di Bordeaux berupa anggur merah, terutama dari anggur Cabernet Sauvignon, Cabernet Franc, dan Merlot. Selain itu Bordeaux juga terkenal dengan Sauternes, anggur putih manis yang nikmat yang sudah mendapatkan reputasi sebagai salah satu yang terbaik di dunia sebagai dessert wine.


2. Burgundy Burgundy dikenal anggur merah legendaris Pinot Noir dan anggur putih Burgundy Chardonnay. Burgundy terletak di sisi timur Prancis dan mencakup lebih dari 100 mil. Varietas anggur dominan yang ditanam di wilayah ini adalah Pinot Noir (membuat anggur Red Burgundy), Chardonnay (membuat anggur White Burgundy), dan Gamay (membuat Beaujolais). 3. Lembah Rhone Lembah Rhone terletak di tenggara Prancis yang menghasilkan beberapa anggur merah murah terbaik di Prancis. Grenache, Syrah, dan Viognier adalah varietas anggur utama yang ditanam di wilayah ini. Anggur Grenache yang santai tumbuh subur di Rhone selatan yang menghasilkan anggur merah dengan rasa yang enak dan dapat dipasangkan dengan berbagai banyak makanan. Rhone utara mengkhususkan diri dalam anggur Syrah yang menghasilkan dua anggur merah paling populer seperti Hermitage dan Cote Rotie.


4. Alsace Berbeda dengan Prancis lainnya, Alsace menamai anggurnya dengan varietas anggur, bukan hanya nama tempat asalnya. Alsace banyak memproduksi anggur putih seperti Anggur putih Gewurztraminer, Pinot Blanc, Pinot Gris, dan Riesling adalah yang paling varietas yang banyak ditemui di Alsace. 5. Lembah Loire Wilayah ini dikenal dengan anggur putihnya, terutama Sancerre, Vouvray, Pouilly-Fume dan Muscadet, Lembah Loire terletak di sisi barat laut Prancis, mulai dari pedalaman Atlantik dan membentang sepanjang dari Sungai Loire. Anggur dari Lembah Loire hadir dalam beragam gaya, dari yang dry hingga manis, dan dari yang didominasi putih hingga sparkling.


6.Provence Wilayah penghasil anggur Prancis yang indah di Provence dikenal terutama karena anggur rosé-nya. Beberapa produsen yang dikenal diantaranya seperti Chateau Pradeaux dan Chateau de Roquefort.