• Novi Amaliyah

6 Roti Pipih Populer Dari India



Roti pipih di India adalah makanan yang selalu ada di mana-mana dan disajikan bersama hidangan terkenal khas India terutama kari. Roti pipih merupakan bagian integral dari masakan India. Ada banyak variasi roti India, mulai dari roti pipih hingga crepes, baik menggunakan adonan yang tidak beragi atau roti yang mengembang. Beberapa roti India ada yang digoreng atau cukup dimasak di atas wajan (yang disebut tava). Masing-masing daerah di India memiliki bahan dan gaya memanggang roti sendiri yang menciptakan beberapa jenis dan variasi yang bisa ditemui di seluruh India. Berikut enam yang paling populer.



Naan

Naan mungkin adalah roti India yang paling terkenal. Roti pipih India yang empuk dan beragi ini paling baik disajikan panas, dan meskipun sangat ideal untuk dinikmati bersama kuah kari, roti ini juga merupakan pendamping yang sempurna untuk hidangan populer lainnya seperti ayam tandoori. Meski secara tradisional dibuat dengan tandoor (oven tanah liat), sekarang naan bisa dengan mudah membuatnya dengan oven di rumah.


Chapati

Chapati adalah roti pipih India yang bisa dimakan dengan apa saja. Chapati tidak beragi yang secara tradisional dimasak di atas tava (wajan datar), tetapi dapat juga menggunakan wajan atau wajan besi cor untuk memanggangnya. Rahasia untuk mendapatkan chapati yang lembut adalah dengan menguleni adonan hingga benar-benar kali. Semakin lama menguleni adonan, semakin lembut hasil rotinya. Menggunakan susu atau yogurt segar sebagai pengganti air juga akan menghasilkan chapati lembut. Sajikan dengan sukka ayam, acar jeruk nipis, atau nimbu ka achaar.


Paratha

Paratha adalah roti pipih India goreng yang renyah dan lapisan permukaan yang garing. Roti ini cocok untuk dinikmati dengan sebagian besar hidangan India, baik itu kari atau tumisan. Untuk membuat Paratha memang membutuhkan beberapa langkah yang harus dilakukan salah satunya melipat adonan yang membutuhkan waktu lebih banyak. Semakin banyak lapisan yang dibuat dengan melipat adonan, semakin garing lapisan roti paratha yang dihasilkan. Lapisan renyah dan garing ini karena roti dipanaskan menggunakan sedikit minyak dalam wajan yang panas.



Aaloo Paratha

Aaloo paratha adalah paratha yang terbuat dari kentang. Adonan tepung, minyak, dan air dibuat menjadi adonan bulat kemudian campuran kentang tumbuk digabungkan diatasnya dengan menggulung perlahan roti pipih. Paratha kemudian siap digoreng di atas wajan. Aaloo paratha akan terasa lezat dengan krim segar yang kental atau mentega tawar buatan sendiri.



Poori

Sajikan roti pipih India yang digoreng keemasan, roti yang renyah ini bisa disajikan dengan hidangan apa pun, vegetarian atau lainnya hingga dan acar favorit. Roti ini mengembang seperti bola yang agak kempes, poori sempurna berwarna emas kecokelatn. Dengan bahan-bahan untuk membuatnya adalah tepung terigu, air, garam, dan minyak. Poori juga merupakan salah satu sajian kaki lima di India yang cukup populer.



Bhatura

Bhatura adalah roti goreng beragi yang paling baik dimakan panas saat dibuat. Adonan bhatura membutuhkan waktu hingga lima jam untuk mengembang sebelum dibuat menjadi lingkaran yang lebih besar dan digoreng. Adonannya mengembang, mirip dengan poori, dan sangat cocok disajikan bersama chole (kari kacang arab), hidangan India Utara yang populer.

© 2019 yukmakan channel