• Novi Amaliyah

6 Tips Praktis Menghias Cake Bagi Pemula


Sedang berfikir dan tertarik untuk belajar membuat dan menghias cake sendiri di rumah untuk merayakan hari ulang tahun seseorang yang istimewa. Sekalian belajar hal baru, cake buatan sendiri juga bisa jadi hadiah yang lebih personal.


Tak usah takut mencoba, yang penting kamu harus sering-sering praktek agar cake buatan kamu juga tak kalah dengan cake buatan cake shop terkenal.

Berikut tips praktis yang bisa kamu coba untuk belajar menghias cake bagi pemula khususnya menghias cake dengan buttercream.


Untuk menghias cake dengan buttercream dibutuhkan beberapa alat yang membantu memudahkan kamu menghias cake menggunakan buttercream, seperti meja putar (lazy susan), pisau roti, serrated cake untuk meratakan permukaan cake sehingga sebelum dihias. Kemudian pisau palet yang berguna untuk mengaplikasikan frosting butter cream, piping bag, spuit dan scarpper untuk menghaluskan dan memberi pola dekoratif permukaan cake yang sudah diberi frosting buttercream.


Bekukan Cake

Sebelum dihias sebaiknya cake sudah dibuat sehari sebelumnya, kemudian bekukan cake dalam lemari pendingin. Sebelum dibekukan, bungkus cake dengan clingwrap. Cake yang sudah dibekukan akan lebih mudah saat dihias menggunakan buttercream.


Menggunakan Meja Putar

Meja putar atau lazy susan akan memudahkan kamu saat menghias cake dengan buttercream, cukup memutar lazy susan sambil mengaplikasikan buttercream.


Meratakan Cake

Meratakan permukaan cake sangat penting sebelum dihias, karena cake akan disusun setiap lapisan. Untuk memudahkan mendapatkan permukaan cake yang rata, gunakan cake leveler. Selain praktis, mudah digunakan hasil potongan cake juga akan sempurna dan presisi.


Mengaplikasikan Cake Crumb

Langkah selanjutnya adalah dengan mengoleskan lapisan buttercream ringan sebagai lapisan awal frosting ringan untuk merapikan dan menahan remah-remah cake setelah dipotong. Kemudian bekukan sebentar sebelum dilapis kembali dengan buttercream. Ini berguna untuk mendapatkan permukaan cake yang halus dan licin. Jika membuat cake berlapis dengan isian, letakkan lapisan paling bawah pada meja putar, kemudian oleskan lapisan frosting ke lapisan bawah, kemudian letakkan lapisan atas di atas (sisi bawah menghadap ke atas). Kemudian dinginkan cake selama 15 hingga 30 menit. Ini memungkinkan lapisan remah cake mengeras sepenuhnya sebelum mengaplikasikan lapisan terakhir frosting.


Mengaplikasikan Buttercream

Letakkan lapisan cake yang sudah disusun dan didinginkan di atas meja putar dan oleskan frosting buttercream di atasnya. Ratakan menggunakan pisau palet sambil memutar meja puat. Kerjakan sisi selanjutnya. Yang terbaik adalah bekerja dengan cepat sehingga semuanya tetap dingin. Tapi saat masih belajar, ini mungkin tidak bisa dilakukan. Kamu bisa mengerjakan bagian atas cake kemudian dinginkan kembali sebelum mengerjakan bagian samping cake. kemudian gunakan cake smoother atau cake scrapper, alat ini biasanya berbahan logam dengan satu sisi bergerigi dan sisi lainnya rata. Selain meratakan dan menghaluskan kamu juga bisa menciptakan dekorasi dari bagian yang bergerigi dari cake smoother. Untuk hasil yang lebih halus, gerakkan tepi di sepanjang sisi kue sambil memutarnya ke arah yang berlawanan.


Sering-sering Praktik Menggunakan Spuit

Membuat hiasan bunga dan bentuk lainnya menggunakan piping bag dengan berbagai spuit adalah hal yang membutuhkan latihan. Dan hal yang sama berlaku untuk membuat  tulisan menggunakan royal icing. Tentu saja, tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman menghias cake yang sebenarnya. Sebelum mencoba menulis di atas cake, kamu bisa berlatih tetapi di atas selembar kertas minyak. Buat bunga-bunga kecil menggunakan spuit di atas permukaan kertas minyak, simpan dalam lemari pendigin kemudian pindahkan ke atas cake.


Dok Foto: Getty Images

© 2019 yukmakan channel