• Novi Amaliyah

6 Tips Sukses Membuat Chiffon Cake


Chiffon Cake, kue satu ini memiliki tekstur yang lembut, empuk serta ringan, berbeda dengan tekstur cake lainnya. Salah satu cake klasik ini memang membutuhkan trik tertentu dalam pembuatannya. Cake chiffon pandan menjadi salah satu varian paling klasik. Kamu bisa membuat varian rasa lain sesuai selera seperti cokelat, vanilla. Kamu juga bisa menambahkan cokelat siram, saus keju, atau taburan topping seperti Chiffon cake kekinian yang tampil dengan pilihan dan paduan rasa yang lebih variatif. Sebelum menambahkan aneka saus siraman ataupun topping, kamu harus memperhatikan tips praktis untuk sukses membuat Chiffon Cake, selamat mencoba.


1. Gunakan loyang khusus untuk membuat chiffon cake yang memiliki lubang di bagian tengahnya.

2. Hindari mengoles loyang chiffon cake dengan mentega atau margarin, karena ini akan membuat adonan chiffon cake susah mengembang.

3. Sebaiknya gunakan minyak sayur, santan, sebagai bahan pengganti lemak dibandingkan menggunakan margarine atau mentega. Ini berfungsi agar saat dipanggang, adonan chiffon cake tidak mudah turun dan adonan mengembang lebih sempurna.

4. Tambahkan baking powder double acting dan cream of tar tar agar cake mengembang dan memiliki tekstur yang ringan.

5. Kocok putih telur hingga benar-benar kaku, ini berfungsi untuk membuat cake mengembang dengan sempurna.

6. Dinginkan chiffon cake terlebih dulu kemudian balik posisi loyang sebelum cake dikeluarkan dari cetakkan, ini berfungsi agar permukaan cake tidak turun atau amblas.

© 2019 yukmakan channel