• Novi Amaliyah

7 Gaya Masakan Khas Tiongkok


Kuliner Tiongkok dikenal dengan masakan yang penuh tradisi dan olahan yang kaya dan beragam. Masing-masing daerah punya ciri khas tersendiri dari bahan-bahan hingga cara memasaknya. Dari banyaknya provinsi di Negara Tirai Bambu dan kekayaan kulinernya ada beberapa perbedaan dari setiap gaya masakan mulai dari penggunaan sayur, rempah-rempah hingga alkohol sebagai penyedap. Berikut 7 gaya masakan populer Tiongkok yang bisa dikenali.


Szechuan

Masakan bergaya Szechuan dikenali dengan cirinya yang pedan karena menggunakan mala atau Szechuan pepper. Penggunaan cabai kering bawang putih, kacang goreng untuk memberikan tekstur pada masakan, pasta wijen yang menambah aroma nikmat.


Kanton

Masakan bergaya Kanton memiliki citarasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan gaya masakan yang lain. Olahan mirip semur dimana daging dimasak dengan sedikir air dalam waktu yang lama. Aneka saus yang beragam juga memberikan hidangan Kanton jadi lebih meriah.


Hunan

Masakan daerah Hunan identik dengan penggunaan bahan lokal yang kebanyakan dimasak dengan cara ditumis, rebus dan kukus. Yang menyajikan citarasa yang kaya dengan rasa yang pekat serta aneka tumisan sayuran segar menggugah selera.


Shanghai

Kuliner Shanghai dipengaruhi oleh kuliner dari provinsi yang beredekatan dengan Shanghai dimana menggunakan alkohol untuk memberikan aroma nikmat, aneka seafood, sayuran dan daging yang diasinkan.


Beijing

Masakan Beijing memiliki ciri khas olahan yang digoreng dalam porsi kecil-kecil. Paduan kecap, pasta wijen, daun bawang menjadi salah satu penyedap sajian khas Beijing. Daging ayam goreng saus asam manis salah satu yang bisa kamu coba.


Fujian

Sajian Fujian memiliki citarasa yang lebih ringan dibandingkan dengan gaya masak yang lain. Soup bercitarasa manis, asam dan pedas jadi ciri khasnya.


Shandong

Kuliner Shandong menekankan pada aspek penggunaan bahan yang segar seperti aneka seafood serta aneka kacang-kacangan, biji-bijian dan sayuran.