• Maria Yuliana Kusrini

7 hidangan Favorit Idul Adha

Idul Adha dengan hidangan khas yang sangat menggugah selera. Sama seperti kemeriahan di hari Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha pun sangat dinanti-nantikan oleh setiap orang. Pada hari Idul Adha umat muslim biasanya berkurban, bisa berupa kambing, kerbau, ataupun sapi. Setelah dikurbankan dan dipotong-potong, daging kurban itu pun biasanya dibagi-bagikan pada seluruh masyarakat setempat dan juga pada mereka yang kurang mampu.

Bicara soal daging kurban, tentu tak lepas dari yang namanya makanan. Berikut ini berbagai jenis menu andalan khas Idul Adha berbahan dasar daging (bisa sapi, kerbau, atau kambing) yang mungkin bisa menjadi menu inspirasi atau referensi bagi pembaca sekalian.


1. Sate

Sate atau satai adalah makanan yang bisa dibuat dari daging kambing ataupun sapi. Prosesnya, daging dipotong kecil-kecil lalu ditusuk dengan tusukan yang terbuat dari lidi tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dibakar. Biasanya sate disajikan dengan lontong serta saus yang terbuat dari kecap manis, potongan cabai, bawang merah, dan tomat.

2. Gulai atau Gule

Selain sate, daging sapi atau kambing bisa juga dimasak menjadi gulai atau gule. Umumnya, masakan ini menggunakan kuah santan dengan penggunaan bumbu yang sangat lengkap. Penggunaan bumbunya yang sangat komplit itulah yang pada akhirnya memunculkan citarasa yang demikian sedap dan gurih.


3. Tongseng

Tongseng sapi/kambing memiliki nilai kolestrol yang lebih tinggi. Masakan ini berkuah. Kuahnya berwarna coklat bening dengan citrarasa manis dan pedas. Masakan daging sapi atau kambing ini sangat cocok disajikan bersama nasi putih dan kerupuk untuk mengisi jamuan makan siang perayaan Hari Raya Idul Adha

4. Rendang

Masakan yang satu ini berasal dari daerah Padang, Sumatra Barat. Citarasa memang sungguh istimewa dan menggunakan bumbu serta rempah yang sangat lengkap. Wajar jika sajian ini menjadi favorit masyarakat Indonesia kebanyakan. Umumnya, rendang menggunakan daging sapi atau kerbau.

5. Kare

Menu kambing atau sapi dengan menggunakan saus kare memang unik. Umumnya, bagian igalah yang dijadikan pilihan, namun tidak menutup untuk bagian lainnya. Dalam hal penyajian, menu tersebut dipadukan dengan ketupat. Bisa juga disajikan dengan parutan wortel yang dibuat menyerupai mi

dan disiram dengan saus kare nan gurih.

6. Tengkleng

Bagi yang bingung saat mendapatkan tulang atau jerohan, maka bisa memasaknya menjadi tengkleng. Masakan yang berasal dari Solo, Jawa Tengah ini menyerupai gulai namun kuahnya terasa lebih encer dan tidak menggunakan santan.

7. Sop Daging Kuah Bening atau Santan

Daging dipotong sesuai dengan selera (tidak terlalu besar) kemudian direbus bersama dengan beberapa bumbu dan rempah. Jangan lupa tambahkan beberapa sayuran sebagai teman, seperti wortel, buncis, kentang, dan lainnya. Sop daging ini bisa menggunakan kuah bening atau juga kuah santan. Dapat disesuaikan dengan selera tiap keluarga.



© 2019 yukmakan channel