• Novi Amaliyah

7 Kandungan Buah Naga Yang Perlu Kamu Ketahui


Buah naga atau dikenal juga dengan pitaya atau pitahaya adalah buah tropis yang berasal dari benua Amerika. Buah ini merupakan buah yang berasal dari keluarga tanaman kaktus, tak heran buah satu ini memiliki ujung yang runcing yang menjadi ciri khas tanaman kaktus. Ada dua jenis buah naga yaitu buah naga dengan daging berwarna putih dan buah naga berwarna merah. Saat dibelah, dalam daging buahnya terdapat biji cukup lembut mirip biji wijen atau kiwi dan aman untuk dimakan. Untuk rasa, buah yang sarat air ini cenderung tidak memiliki rasa namun ada yang manis dan terkadang sedikit asam.


Beberapa tahun belakangan buah ini memang menjadi populer untuk dikonsumsi, harganya juga cukup terjangkau. Buah serbaguna ini juga mengandung segudang manfaat, mulai dari memperlambat tanda-tanda penuaan, meningkatkan kadar gula darah, yang semuanya penting untuk mendukung kesehatan secara menyeluruh. Berikut 7 kandungan dan manfaat buah naga yang perlu kamu ketahui.


Kaya Nutrisi

Buah naga rendah kalori tetapi kaya akan kandungan nutrisi vitamin, mineral dan senyawa tanaman bermanfaat seperti polifenol, karotenoid dan betasianin yang punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.


Dapat Melawan Penyakit Kronis

Buah naga mengandung antioksidan, vitamin C, beta-karoten, likopen dan betalain. Antioksidan bekerja dengan menetralkan radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel dan peradangan. Penelitian telah menghubungkan diet tinggi antioksidan dengan penurunan risiko penyakit kronis. Studi menunjukkan bahwa diet tinggi antioksidan dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, dan radang sendi.


Tinggi Serat

Otoritas kesehatan merekomendasikan 25 gram serat per hari untuk wanita dan 38 gram untuk pria. Buah naga menawarkan 7 gram serat per porsi, menjadikan buah naga menjadi salah satu buah pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan serat harian.


Membantu Meningkatkan Pencernaan

Buah naga dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat di usus, yang berhubungan dengan saluran pencernaan yang sehat. Kamu bisa memasukan buah naga dalam menu sehari-hari.


Meningkatkan Sistem Imunitas

Pasokan vitamin C dan karotenoid yang tinggi dari buah naga dapat menawarkan sifat penambah kekebalan tubuh.


Dapat Meningkatkan Kadar Zat Besi

Buah naga memasok kandungan zat besi bersama dengan vitamin C, kombinasi yang dapat meningkatkan penyerapan mineral penting ini oleh tubuh.


Sumber Magnesium

Buah naga menawarkan lebih banyak magnesium daripada kebanyakan buah, dengan 18% dalam 1 cup untuk kebutuhan konsumsi harian. Buah naga adalah salah satu buah yang baik sebagai magnesium, nutrisi yang dibutuhkan untuk lebih dari 600 reaksi biokimia dalam tubuh.