• Novi Amaliyah

7 Kebaikan Mengonsumsi Goji Berry


Superfood, istilah ini sepertinya sudah jadi bagian dari bahasa sehari-hari di kalangan pelaku gaya hidup sehat selama beberapa dekade terakhir. Hampir sebagian besar makanan kesehatan kuno dan eksotis mendapat label sebagai makanan super atau superfood.

Namun, ada beberapa buah unik, sayuran, dan herbal yang dianggap sebagai makanan super jauh sebelum istilah ini diciptakan di budaya barat, salah satunya adalah goji berry.


Goji berry, atau wolfberry, telah digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok selama ribuan tahun. Beberapa cerita rakyat menunjukkan bahwa buah merah yang lezat ini adalah makanan favorit para bhikkhu Himalaya kuno. Dimana buah ini digunakan untuk membantu praktik meditasi dan mencapai tingkat vitalitas, umur panjang, dan stamina yang tinggi. Di dunia Barat, buah goji berry adalah salah satu produk alami pertama yang dijuluki sebagai makanan super dan karenanya, konsumsi goji berry telah meningkat secara dramatis selama 20 tahun terakhir. Berikut adalah beberapa alasan yang tepat untuk menambahkan goji ke dalam asupan makanan sehari-hari.

Awet Muda

Setiap hari tubuh dibombardir oleh radikal bebas dari banyak sumber yang berbeda. Senyawa-senyawa ini membuat kerusakan DNA pada sel-sel tubuh dan berkontribusi secara luas pada proses penuaan. Antioksidan adalah pejuang radikal bebas paling aktif, dan goji berry mengandung banyak antioksidan. Goji berry juga mengandung asam amino berharga dan mineral lain yang dapat membantu tubuh dalam proses memperbaiki dan meregenerasi sel. Manfaat potensial dari senyawa-senyawa ini antara lain membuat kulit jadi lebih kencang, berkurangnya peradangan, penurunan prevalensi keriput, berkurangnya tampilan jaringan parut dan penyembuhan kulit yang rusak karena sinar matahari.


Menjaga Daya Ingat

Goji berry telah terbukti efektif dalam melindungi otak terhadap gangguan degeneratif tertentu seperti penyakit Alzheimer, serta mendukung daya ingat, kejernihan mental, & fungsi neurologis lainnya. Sifat-sifat ini tampaknya disebabkan oleh tingginya kadar kalsium dan vitamin B dalam buah unik satu ini, dan yang menarik adalah kemanjurannya dalam mendukung sistem saraf yang menjadi salah satu dari sedikit manfaat yang telah diteliti secara luas dalam komunitas ilmiah.

Pemulihan Otot

Goji berry telah digunakan selama berabad-abad untuk meningkatkan kekuatan fisik dan pemulihan otot. Dengan memfasilitasi peningkatan aliran darah dan oksigen di dalam tubuh, goji berry dapat membantu mencegah produksi dan penumpukan asam laktat yang berlebihan. Goji juga mendukung fungsi hati yang sehat, yang terkait erat dengan pemulihan otot, karena hati yang sehat mampu menghilangkan asam laktat yang tersimpan dari jaringan otot jauh lebih efisien daripada hati yang dalam kondisi buruk.


Menjaga Kesehatan Jantung

Vitamin dan mineral yang ditemukan dalam goji berry meningkatkan fungsi darah dan otot yang sehat ini secara langsung memengaruhi kekuatan jantung. Lebih lanjut, penelitian telah menunjukkan bahwa kandungan antioksidan dari goji berry memiliki potensi untuk menjaga sel darah merah terhadap proses yang disebut peroksidasi lipid. Dimana pada dasarnya adalah degenerasi lipid dalam membran seluler. Proses ini menyebabkan kerusakan luas pada sel dan merupakan penyebab utama penyakit jantung.


Meningkatkan Energi

Detoksifikasi Hatiangat kaya akan vitamin dan mineral tertentu dimana membantu meningkatkan metabolisme, ini juga dapat berkontribusi untuk mengurangi efek kelelahan kronis dan meningkatkan tingkat energi. Berikut ini rincian singkatnya. Vitamin B - membantu memetabolisme lemak, protein, dan karbohidrat dan mengubahnya menjadi energi. Serat, membantu mencerna makanan lebih produktif, yang sangat membantu dalam menyediakan tingkat energi berkelanjutan. Zat besi, digunakan oleh tubuh untuk mengangkut oksigen dalam darah ke organ, otot, dan jaringan lain. Pada tingkat sel, zat besi membantu menciptakan energi dan memicu enzim.


Detoksifikasi Hati

Goji berry mengandung berbagai senyawa kimia yang dikenal sebagai betain, yang telah terbukti mengurangi timbunan lemak di hati. Lemak di dalam hati kadang-kadang dapat terakumulasi ke tingkat berbahaya karena faktor-faktor seperti penyalahgunaan alkohol, obesitas, diabetes dan penyebab lainnya. Betaine terkenal karena mampu membantu mendetoksifikasi hati dengan menghancurkan dan menghilangkan lemak ini. Penelitian juga menemukan bahwa betaine dapat bermanfaat dalam menjaga hati terhadap hepatotoksin, seperti etanol dan karbon tetraklorida. Zat kimia beracun ini, yang menyebabkan kerusakan parah pada hati, sering masuk ke dalam tubuh melalui obat tertentu atau melalui konsumsi pestisida dan herbisida dari makanan yang tidak ditanam secara organik.


Melawan Kanker

Mungkin manfaat yang paling menjanjikan dari goji berry adalah potensinya untuk membantu dalam proses pemulihan bagi pasien kanker. Ada penelitian yang dilakukan selama beberapa tahun terakhir untuk memastikan efektivitas ekstrak goji berry dalam memerangi sel-sel tumor dalam tubuh. Beberapa penelitian ini telah menunjukkan bahwa goji berry mungkin benar-benar dapat menghambat pertumbuhan sel kanker tertentu, sementara penelitian lain menunjukkan bahwa mereka adalah suplemen yang sangat bermanfaat untuk perawatan kanker konvensional dimana berkontribusi terhadap pembalikan pertumbuhan kanker pada kulit, usus besar, ginjal, paru-paru, dan tenggorokan.

 

© 2019 yukmakan channel