• Novi Amaliyah

7 Makanan Anti Inflamasi Yang Sebaiknya Dikonsumsi


Peradangan bisa menjadi baik dan buruk. Di satu sisi, ini membantu tubuh dapat mempertahankan diri dari infeksi dan cedera. Di sisi lain, peradangan kronis dapat menyebabkan penambahan berat badan dan penyakit. Stres, makanan yang merangsang peradangan, kurang olahraga dapat membuat risiko ini semakin besar. Namun penelitian menunjukkan bahwa beberapa makanan efektif untuk melawan peradangan. Seperti dilansir Healthline, berikut makanan anti inflamasi yang sebaiknya dikonsumsi agar tetap sehat.


1.Aneka Berries

Keluarga buah aneka berries seperti strawberry, blueberry, raspberry dan blackberry mengandung antioksidan yang dikenal sebagai antosianin. Senyawa ini dapat mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan, dan mengurangi risiko penyakit jantung.


2. Ikan Kaya Lemak Omega

Ikan berlemak seperti salmon, mackarel mengandung asam lemak omega-3 EPA dan DHA dalam jumlah tinggi. Lemak esensial ini memiliki efek anti-inflamasi yang baik untuk tubuh.


3. Kunyit

Kunyit mengandung senyawa anti-inflamasi yang kuat yang disebut kurkumin. Dengan mengonsumsi lada hitam yang dipadukan dengan kunyit dapat meningkatkan membantu penyerapan kurkumin secara signifikan dan efektif.


4. Dark Chocolate

Kandungan flavanol dalam dark chocolate dan cocoa dapat mengurangi peradangan. Keduanya juga dapat mengurangi risiko beberapa penyakit.


5. Tomat Tomat adalah sumber likopen yang sangat baik, yang dapat mengurangi peradangan dan melindungi dari kanker.


6. Cabai dan Paprika

Cabai dan paprika kaya akan quercetin, asam sinapic, asam ferulic, dan antioksidan lain yang kaya dengan efek anti-inflamasi yang kuat.


7.Brokoli

Brokoli adalah salah satu sumber sulforaphane terbaik, antioksidan dengan efek anti-inflamasi yang kuat.









© 2019 yukmakan channel