• Novi Amaliyah

7 Makanan Bernutrisi Untuk Meningkatkan Kerja Otak dan Daya Ingat


Sama seperti bagian tubuh lainnya, menjaga kesehatan otak juga sama pentingnya dengan menjaga bagian tubuh lainnya. Otak adalah bagian terpenting dari tubuh, karena kesehatan otak mempengaruhi fungsi kesehatan dan kinerja seluruh tubuh. Karena itu menjaga dan memberikan makanan bernutrisi bagi otak juga menjadi salah satu upaya penting yang bisa dilakukan. Apa saja makanan bernutrisi yang dapat meningkatkan kinerja otak dan daya ingat. Berikut 7 makanan yang harus rutin kamu konsumsi.


Air

Sebanyak 70% tubuh kita terdiri dari air dan 70% otak kita terdiri dari air. Meski hanya sekitar 2% dari massa tubuh otak membutuhkan 20% nutrisi untuk tetap membuatnya tetap terhidrasi. Karena itu konsumsi air sangat penting untuk tetap membuat bekerja dengan baik.


Alpukat

Alpukat mengandung semua lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh. Alpukat juga meningkatkan berbagai kimia yang mendorong terciptanya zat kimia feel-good dalam otak. Alpukat juga kaya sumber lemak Omega-3 yang menjaga otak berfungsi dengan baik, mengatur mood serta berbagai emosi.


Blueberry

Buah ini kaya akan anthocyanins, blueberry juga memiliki kandungan anti peradangan, kaya antioksidan yang memiliki efek untuk melawan penuaan pada otak serta penyakit yang menyebabkan penurunan fungsi otak dam mendukung peningkatkan lancarnya kerja antar sel dalam otak.


Brokoli

Brokoli kaya akan antioksidan serta vitamin K yang berfungsi menjaga untuk melawan kerusakan dalam otak dan membantu fungsi memori lebih baik.


Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran yang bersumber dari dedaunan berwarna hijau kaya akan folat. Sayuran seperti bayam misalnya dapat membantu mengurangi gejala depresi dan bekerja sangat baik untuk melindungi saraf.


Walnut

Kacang-kacangan, khususnya kacang walnut dapat meningkatkan fungsi kognitif dan memori serta menurukan penurunan kesehatan mental. Bahkan jika diperhatikan bentuknya yang mirip dengan otak manusia. Walnut juga kaya akan lemak Omega-3.


Kunyit

Kunyit sangat baik untuk menjaga kesehatan otak karena kunyit mengandung zat anti peradangan. Curcumin, zat aktif yang terkandung di dalam kunyit dapat membantu untuk meningkatkan daya ingat, mengurangi depresi dan membantu terbentuknya pertumbuhan sel –sel baru di dalam otak.

© 2019 yukmakan channel