• Novi Amaliyah

7 Makanan Probiotik Terbaik Yang Baiknya Dikonsumsi


sauerkraut
Sauerkraut, makanan sumber probiotik yang baik untuk kesehatan ususmu

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan anggapan pentingnya kesehatan usus bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Mikrobioma usus, yaitu miliaran bakteri menguntungkan yang terdapat di usus, mereka bertanggung jawab atas begitu banyak hal di dalam tubuh. Mulai dari kesehatan otak hingga hal-hal seperti kesehatan kulit, terutama untuk kondisi seperti psoriasis dan eksim.


Untungnya, untuk menjaga kesehatan usus dan mikrobioma di dalam tubuh sebenarnya tidaklah sulit asal didukung dengan makanan bergizi dan berkualitas baik, terutama adalah asupan makanan fermentasi yang dikenal sebagai probiotik. Probiotik sebenarnya adalah mikroorganisme hidup yang meningkatkan dan memulihkan flora di dalam usus yang akan berhubungan dengan kondisi kesehatan secara menyeluruh.


Untuk itu ada baiknya kamu memasukan beberapa makanan sumber probiotik terbaik yang dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan saluran pencernaanmu. Makanan dan minuman ini juga cukup terjangkau untuk dikonsumsi sehari-hari, agar tidak bosan kamu bisa merotasi makanan dan minuman probiotik ini. Berikut 7 makanan sumber probiotik terbaik yang baiknya mulai kamu konsumsi sehari-hari.


Tempe

tempe
Tempe, makanan khas Indonesia yang murah meriah dan punya banyak manfaat

Tempe, makanan favorit orang Indonesia ini adalah sumber protein nabati yang cukup murah meriah namun kaya kandungan nutrisi. Berasal dari fermentasi kedelai, tempe merupakan sumber bahan makanan yang kaya akan bakteri probiotik. Ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa memasak dan memfermentasi kedelai akan memperkuat konsentrasi bakteri baik. Untuk mengolahnya kamu bisa memanggang atau mengukusnya, tentu tempe goreng adalah sajian terbaik favorit.


Kefir

kefir
Kefir

Kefir mungkin belum terlalu familiar, namun tak ada salahnya untuk mencobanya. Sekilas mirip dengan yogurt. Minuman probiotik tradisional ini terbuat dari susu dengan proses fermentas, kefir berasal dari daerah Kaukasus. Kefir dibuat dengan memasukaan butiran kefir ke dalam susu sapi, kambing, unta atau domba, walaupun saat ini tersedia kefir vegan. Kefir dikenal memiliki beberapa strain utama bakteri baik dan ragi, menjadikannya pilihan utama untuk probiotik.


Sauerkraut

sauerkraut
Sauerkraut

Sauerkarut adalah kol fermentasi tradisional Jerman dan sudah menjadi pendamping makanan sehari-hari. Mulai dari salad, steak, sosis, hingga burger, sajian kol berfermentasi ini menunjukkan adalah salah satu sumber utama probiotik yang baik bagi usus. Dan mengonsumsinya sehari-hari dapat berkontribusi pada berbagai manfaat kesehatan.


Miso


Miso sup
Sup Miso, khas Jepang

Pecinta masakan Jepang akan senang mengetahui bahwa miso adalah sumber probiotik yang kaya. Miso adalah bumbu dasar yang banyak digunakan dalam berbagai masakan Jepang. Seperti bumbu untuk sup sederhana, atau juga untuk menambah rasa umami yang lezat sebagai dasar untuk saus salad. Selain menikmati citarasa umami dari miso, kamu juga mendapatkan manfaat kebaikan dari sejumlah besar bakteri menguntungkan a. Oryzae, yang dikaitkan dengan respon imun dan peningkatan penyerapan asam amino.


Kimchi


kimchi
Kimchi, salah satu makanan yang mengandung probiotik dari Koreas

Kimchi, kuliner Korea satu ini merupakan salah satu sumber probiotik terbaik untuk kesehatan usus. Terbuat dari sawi yang difermentasi, kimchi kaya nutrisi namun rendah kalori. Sawi putih sebagai salah satu bahan utama kimchi dimana vitamin A dan C, setidaknya 10 mineral berbeda, dan lebih dari 34 asam amino.


Yogurt


yogurt
Yogurt, susu fermentasi yang baik untuk kesehatan pencernaan

Beberapa jenis yogurt mengandung probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme hidup atau bakteri baik yang secara alami ada di dalam usus. Kultur ini membantu menyeimbangkan flora di usus. Fungsi utama probiotik adalah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan dengan mengurangi gejala-gejala gangguan pencernaan umum, seperti kembung, diare, dan sembelit. Tak hanya itu probiotik juga meningkatkan sistem imun tubuh karena 80% dari seluruh imun tubuh ada pada saluran pencernaan.


Kombucha


kombucha
Kombucha, teh berfermentasi yang bisa menjadi alternatif soda

Kombucha adalah minuman fermentasi bersoda alami yang terbuaat dari teh yang difermentasi yang berasal dari China. Komcbucha kaya akan kandungan probiotik yang didapatkan selama proses fermentasi. Ada banyak penelitian yang menunjukkan manfaat kesehatan dari Kombucha. Apalagi saat ini ada banyak varian kombucha yang nikmat. Foto-foto: Dok.Istimewa dari berbagai sumber