• Novi Amaliyah

7 Manfaat Kesehatan Air Kelapa


Air kelapa telah dinikmati dan dimanfaatkan selama berabad-abad oleh masyarakat. Selain sebagai pelepas dahaga kelapa juga dimanfaatkan karena khasiat dan dan kandungan nutrisinya yang kaya. Saat ini air kelapa jadi minuman populer yang hadir dalam produk kemasan siap minum.


Airnya kelapa mengandung enzim, antioksidan, elektrolit dan fitonutrien yang telah terbukti menghasilkan berbagai manfaat kesehatan. Dari menurunkan peradangan, tekanan darah, hingga membantu pencernaan dan menurunkan berat badan, air kelapa adalah salah satu hadiah alam yang paling sederhana. Air kelapa tidak hanya bisa dijadikan sebagai sumber pilihan minuman sehat, tetapi juga lezat yang disukai semua lapisan masyarakat dan harganya yang terjangkau.


Air kelapa murni tidak mengandung aditif atau pemanis buatan, bebas kolesterol, dan bebas lemak. Menurut informasi USDA, air kelapa rendah karbohidrat dan mengandung gula alami, dan memiliki sekitar 46 kalori dalam setiap 240 gram. Air kelapa juga mengandung banyak vitamin, mineral dan fitokimia termasuk kalium, seng, selenium, kalsium, magnesium, yodium, belerang, mangan, asam askorbat dan vitamin B.


Elektrolit Alami

Air kelapa merupakan isotonik alami yang menyediakan berbagai manfaat kesehatan serupa dengan minuman-minuman pelepas dahaga berisotonik buatan pabrik yang biasa dikonsumsi setelah berolahraga.


Anti Penuaan Dini dan Kecantikan

Air kelapa telah terbukti membuat kulit lebih halus dan tampak lebih muda. Dimana air kelapa adalah sumber alami dari sitokinin, sekelompok hormon pertumbuhan tanaman yang membantu mengatur pertumbuhan sel, perkembangan dan penuaan. Selain itu air kelapa juga kaya akan potasium, antioksidan dan asam laurat, sitokinin diklaim dapat menyeimbangkan tingkat pH, memperkuat dan melembabkan jaringan ikat dan mengurangi risiko penyakit yang berkaitan dengan usia dan bahkan dapat memperlambat perkembangan sel kanker. Air kelapa bahkan dapat membantu mengurangi jerawat dengan cara dioleskan ke kulit, mengurangi selulit, eksim, stretch mark, keriput dan bintik-bintik penuaan. Air kelapa juga dapat melembabkan kulit dari dalam dan dapat membantu menyeimbangkan kadar minyak di kulit.


Tranfusi Darah Darurat

Salah satu fakta paling menarik tentang air kelapa adalah air kelapa sangat mirip dengan plasma manusia, dan dapat digunakan dalam keadaan darurat untuk dengan cepat merehidrasi tubuh manusia jika diberikan secara intravena. Cara ini memang tidak lazim digunakan di negara-negara dunia ketiga, cara ini biasa digunakan selama Perang Dunia II, dimana disedot langsung dari buahnya untuk memberikan transfusi darurat bagi prajurit yang terluka. Air kelapa juga digunakan dalam kasus-kasus ekstrim untuk penyakit yang berhubungan dengan dehidrasi seperti kolera dan gastroenteritis. Menurut sebuah studi kasus yang diterbitkan dalam "American Journal of Emergency Medicine" pada Januari 2000, keseimbangan elektrolit pada seorang pasir berhasil dipulihkan dengan merawat mereka dengan infus air kelapa yang mengalir langsung dari kelapa. Namun langkah ini tentu hanya untuk situasi darurat dan harus dilakukan oleh seorang praktisi medis profesional.


Mengatur Tekanan Darah, Gula Darah dan Kolesterol

Penelitian menunjukkan bahwa air kelapa dapat meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi serta meningkatkan HDL (kolesterol baik), dan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Satu studi menunjukkan bahwa pasien yang diberi air kelapa selama dua minggu menunjukkan tingkat tekanan darah yang lebih rendah daripada mereka yang diberi air biasa. Kalium dalam air kelapa telah terbukti memiliki kemampuan untuk menangkal efek natrium dalam tubuh dan dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tingginya kadar elektrolit dalam air kelapa juga terbukti meningkatkan waktu pemulihan bagi pasien yang telah mengalami serangan jantung.


Baik Untuk Kesehatan Pencernaan dan Saluran Kemih

Selama berabad-abad, air kelapa telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit pencernaan dan saluran kemih termasuk flu perut, disentri, gangguan pencernaan, sembelit, cacingan, infeksi kandung kemih dan ginjal yang tidak berfungsi. Air kelapa bersifat sebagai diuretik alami, air kelapa dapat mencegah infeksi saluran kemih dan batu ginjal. Air kelapa juga telah terbukti mengurangi kembung dan mual dan dapat sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita dehidrasi yang disebabkan oleh masalah pencernaan termasuk muntah dan diare.


Pembersihan dan Detoksifikasi

Air kelapa adalah minuman yang ideal untuk menggantikan cairan dan membantu menghilangkan racun dari tubuh. Kandungan lemak dalam air kelapa sangat rendah dan juga menekan nafsu makan karena sifatnya yang kaya. Air kelapa sering dimanfaatkan untuk membersihkan atau mendetoksifikasi karena ini menjadi cara yang baik untuk tetap terhidrasi, berenergi, dan tetap merasa kenyang tanpa perlu mengonsumsi makanan padat. Sifat pembersihan alami juga mendukung dan menghilangkan racun dari hati dan ginjal. Karena konsentrasi seratnya yang tinggi, ia membantu pencernaan, dan dapat membantu mencegah gangguan pencernaan dan asam lambung.


Mengurangi Stres dan Ketegangan Otot

Elektrolit yang ditemukan dalam air kelapa juga dapat membantu menghilangkan stres dan ketegangan otot dalam tubuh. Kalsium dan magnesium adalah nutrisi penting yang membantu menenangkan relaksasi otot dan ini banyak ditemukan dalam air kelapa. Bagi seorang atlet, menikmati air kelapa setelah aktivitas berat dapat membantu tubuh dapat rileks dan pulih, seperti efek yang didapat dari mandi garam Epsom.

© 2019 yukmakan channel