• Novi Amaliyah

7 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Mentimun


Dari sekian banyak jenis sayuran hijau yang ada, mentimun sering kurang dianggap sebagai salah satu sayuran bernutrisi dan kalah pamor dibandingkan dengan sayuran hijau lainnya. Padahal mentimun adalah salah satu sayur yang paling serbaguna, timun juga memiliki banyak khasiat dan manfaatuntuk meningkatkan kesehatan. Mentimun juga mudah dipadukan dengan makanan dan sayuran lainnya apa pun dan seperti tomat maupun sayuran lainnya seperti selada. Mentimun bisa dibuat untuk acar yang segar, salad hingga jus segar. Berikut 7 manfaat kesehatan mengonsumsi mentimun.


1. Menghidrasi

Buah satu ini mengandung 96% kadar air, yang bisa digunakan oleh tubuh untuk mencerna dan mengangkut nutrisi ke tempat yang dibutuhkan, serta dibutuhkan untuk semua elemen kesehatan. Tambahkan irisan mentimun dan daun mint untuk infused water sebagai pengganti minuman soda, selain mengidrasi dan menyegarkan infused water ini juga lebih sehat.


2. Sumber Serat Yang Baik Dan Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat makanan merupakan kebutuhan yang sering diabaikan dalam makanan sehari-hari kita. Serat dibutuhkan untuk mengatur pergerakan usus dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Tanpa asupan serat yang cukup, pati yang larut, tidak larut, dan resisten, racun dan limbah dapat tetap tinggal dan tidak bergerak dalam berbagai tahap saluran pencernaan, ini dapat menimbulkan segala macam masalah dalam tubuh dan berakibat pada peradangan dan penyakit kronis. Menyediakan serat yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi secara teratur diperlukan untuk meningkatkan kesehatan. Untuk menambah serat yang melimpah, hidrasi yang cukup juga dibutuhkan untuk mengangkut limbah ke seluruh tubuh, sehingga kandungan air yang tinggi juga membantu pencernaan.


3. Membantu Mengontrol Gula Darah

Dalam beberapa penelitian baru-baru ini, diet kaya mentimun terbukti efektif mengurangi dan mengontrol kadar gula darah. Penelitian lain juga menemukan jika ekstrak kulit mentimun membantu penderita diabetes menurunkan gula darah.


4. Sumber Kaya Mikronutrien Vital

Pola makan yang sehat dan seimbang sebenarnya adalah tentang porsi makro yang tepat. Tubuh membutuhkan asupan mikronutrien yang cukup (vitamin dan mineral). Kebanyakan buah-buahan dan sayuran menawarkan beragam mikronutrien. Mentimun kaya akan Vitamin C dan K, serta magnesium, kalium, dan mangan.


5. Mengandung Antioksidan Untuk Kesehatan Sel

Antioksidan adalah kata kunci dalam bidang kesehatan dan kebugaran. Antioksidan merupakan senyawa, umumnya ditemukan dalam sumber nabati, untuk mencegah masalah kesehatan kronis yang timbul dari waktu ke waktu - termasuk kanker, jantung, paru-paru, dan penyakit autoimun. Dalam satu studi 30 hari, hasil menemukan bahwa konsumsi harian bubuk mentimun (asupan lebih tinggi daripada yang biasanya dikonsumsi), meningkatkan aktivitas antioksidan di dalam tubuh.


6. Rendah Kalori Dan Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Saat dalam program penurunan berat badan, atau diet khusus untuk mengurangi kalori, individu terkadang perlu memperhatikan asupan kalori. Misalnya, untuk menurunkan berat badan, seseorang harus mengurangi asupan jumlah kalori. Walaupun akan berbeda pada tiap orang. Kesulitan bagi banyak orang adalah kalori sama dengan energi, jadi penting untuk mengonsumsi makanan rendah kalori yang masih bergizi untuk tubuh. Mentimun bisa jadi pilihan camilan enak dengan saus kaya protein seperti hummus untuk membantu penurunan berat badan tapi tetap bisa makan enak.


7. Mudah Untuk Ditambahkan Diet Apapun

Mentimun adalah salah satu sayur serbaguna yang bisa ditambahkan dengan mudah dan bersahabat untuk berbagai macam jenis diet. Irisan mentimun bisa ditambahkan untuk isian wraps, menjadi roll sayuran, menjadi bungkus atau sandwich, dibuat acar, dibuat makanan pokok dalam salad Yunani atau tzatziki, atau bahkan menggunakannya sebagai bahan pokok untuk jus detoks yang dingin dan menyegarkan.

© 2019 yukmakan channel