• Novi Amaliyah

7 Manfaat Kesehatan Pisang Untuk Rambut


buah pisang
Pisang adalah salah satu buah yang padat nutrisi dan juga menyehatkan rambut

Pisang, buah satu ini dikenal sebagai salah satu buah yang padat nutrisi. Buah satu ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga mudah dicerna dan banyak mengandung karbohidrat sebagai sumber energi, serta mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi yang semuanya dapat diserap oleh tubuh. Pisang juga banyak direkomendasikan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.


Dengan kandungan nutrisi yang beragam, pisang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan juga kecantikan. Dari segi kecantikan, pisang memiliki khasiat untuk merawat kesehatan kulit dan rambut. Rambut di kepala kita memiliki kurang lebih 100 ribu helai, rata-rata tumbuh sekitar 1,5 cm per bulan. Kekurangan nutrisi atau nutrisi dapat membuat pertumbuhan dan kondisi rambut bermasalah.


Bukan rahasia lagi bahwa pisang mengandung nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh.Satu buah pisang biasanya mengandung potasium dan vitamin B yang cukup tinggi. Padahal, pisang dikatakan memiliki silika, yaitu senyawa mineral yang dapat berubah menjadi silikon. Silikon adalah unsur kimia yang dapat membuat rambut jadi lebih tebal dan kuat. Selain memiliki manfaat kesehatan pisang untuk menurunkan berat badan, mengolah pisang menjadi masker dapat menghasilkan rambut yang lebih indah dan kuat. Berikut 7 manfaat kesehatan dari pisang untuk kesehatan rambut seperti dikutip dari Healthline dan berbagai sumber.


Mengurangi Ketombe

Salah satu manfaat pisang untuk rambut adalah membantu mengurangi ketombe. Menurut penelitian dari Avicenna Journal of Medical Biotechnology, pisang mengandung senyawa yang berguna untuk kesehatan rambut, yaitu antioksidan dan antibakteri. Ketombe biasanya disebabkan oleh kulit kepala yang terlalu kering atau berminyak dan jamur yang memakan minyak kulit kepala pada orang dewasa. Penggunaan masker pisang yang mengandung senyawa antibakteri ini dapat membantu mengurangi pertumbuhan jamur pada kulit kepala. Selain itu, masker pisang juga menjaga keseimbangan kelembapan pada kulit kepala, sehingga bisa mengurangi ketombe.


Mendorong Pertumbuhan Rambut

Manfaat masker pisang lainnnya adalah membantu mempercepat pertumbuhan rambut. Kerontokan rambut bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti stres yang memicu kerontokan rambut. Akibatnya, rambut menjadi rapuh dan sulit diatur. Antioksidan dalam masker pisang akan menyerap di kulit kepala dan mengurangi stres oksidatif yang membuat rambut cepat rontok. Selain itu, rutin memakai masker buah pisang juga memperkuat folikel rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.


Membuat Rambut Lebih Berkilau

Selain mengurangi ketombe, manfaat pisang untuk rambut adalah membantu membuatnya lebih berkilau. Kandungan antioksidan yang tinggi pada pisang menjadi alasan mengapa buah ini dapat membuat rambut tidak kusam. Penelitian dari Journal of Photochemistry and Photobiology B: Biology. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa antioksidan dalam ekstrak beras dapat menembus batang rambut dan membentuk lapisan pelindung. Oleh karena itu, rambut bisa terlihat lebih berkilau, terutama untuk rambut yang sering diwarnai. Kemungkinan antioksidan yang ditemukan dalam pisang juga memiliki efek yang sama pada rambut. Antioksidan juga dapat melindungi rambut dari bahaya radikal bebas yang dihasilkan oleh polusi dan paparan sinar matahari. Oleh karena itu, masker pisang yang kaya akan antioksidan baik untuk menambah kilau rambut.


Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Kulit kepala yang sehat juga memberikan kondisi rambut yang lebih sehat, jadi selalu penting untuk menjaga penampilan dan kondisinya. Kulit pisang mengandung manfaat protein yang dapat membantu menyehatkan kulit kepala dan membersihkan pori-pori sehingga rambut dapat tumbuh dengan optimal. Selain buahnya, kamu juga bisa memanfaatkan kulit pisang untuk kesehatan kulit kepala.

Kondisioner Alami

Rambut yang sehat dapat dijaga dengan baik dengan mengoleskan kondisioner secara teratur, terutama setelah keramas. Kulit pisang ternyata bisa menjadi kondisioner alami untuk membantu melembapkan rambut, menyuburkannya sehingga lebih mudah diatur. Yang perlu dilakukan sangatlah sederhana, siapkan pisang, dan blender dengan sedikit air, agar bentuknya tidak terlalu kental, lalu gunakan saja sebagai kondisioner, dan bilas dengan air hangat nanti.


Mengatasi Rambut Rusak

Styling memang membuat rambut terlihat sangat indah namun hanya sesaat karena dalam kondisi biasa, rambut yang terlalu sering ditata akan mudah rusak karena terlalu sering menggunakan bahan kimia. Hal ini terlihat dari kondisi rambut yang pecah-pecah, rapuh atau kering. Dengan menggunakan kulit pisang, kamu bisa membuat masker rambut yang berguna untuk memperbaiki kerusakan rambut secara alami, tanpa risiko efek samping.


Mengatasi Masalah Rambut Kering

Rambut kering bisa disebabkan oleh kurangnya kelembapan pada rambut. Pastikan untuk menggunakan paket perawatan rambut secara teratur untuk mengembalikan kelembapan alami pada rambut. Masker yang terbuat dari kulit pisang bisa menjadi salah satu solusi karena tidak memiliki efek samping yang berbahaya bagi kulit dan mudah untuk dibuat. Untuk hasil yang maksimal, bisa menambahkan kuning telur dan manfaat minyak zaitun, atau menambahkannya dengan manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut. Pastikan untuk selalu membersihkan rambut secara teratur, dengan sampo dan kondisioner alami. Lakukan ini sekitar dua atau tiga kali seminggu, secara konsisten.