• Novi Amaliyah

7 Manfaat Kesehatan Selada Hijau


Selada adalah salah satu sayuran berdaun hijau yang paling disukai. Daunnya yang segar, selain selada berwarna hijau, selada berdaun merah tua juga tak kalah bernutrisi. Sayuran ini adalah salah satu sumber suplemen dasar yang dapat diandalkan dan bermanfaat bagi kesehatan secara umum. Sayur berdaun hijau serbaguna ini biasa digunakan untuk isian sandwhich, burger hingga salad segar yang sehat.

Tahukah kamu, daun selada menghasilkan cairan seperti susu (getah) ketika dipotong, namanya diambil dari bahasa Latin Lactuca yang berarti susu. Secara alami, tanaman berdaun hijau yang kaya nutrisi ini termasuk dalam keluarga daisy dari Asteraceae. Apa saja manfaat kesehatan daun selada hijau untuk kesehatan? berikut 7 manfaat kesehatan daun selada seperti dilansir dari Healthline dan berbagai sumber.


Melawan Peradangan

Kandungan protein tertentu dalam selada daun hijau seperti lipoxygenase membantu mengendalikan peradangan. Ini telah ditunjukkan dalam satu penelitian di Iran. Menurut penelitian, selada telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk meredakan peradangan dan osteodynia (nyeri pada tulang). Vitamin A, E, dan K dalam selada daun hijau juga dapat membantu menurunkan peradangan. Sebagai aturan, coba konsumsi dua cangkir sayuran hijau mentah selada misalnya dalam menu sehari-hari secara konsisten. Sayuran kaya vitamin K lainnya adalah brokoli, bayam, kale, dan kubis.


Menurunkan Tingkat Kolesterol

Selada daun hijau juga dapat bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi yang sering menyebabkan penyakit kardiovaskular (CVD) dan kondisi berbahaya lainnya. Kadar kolesterol LDL yang tinggi bersifat merusak dan dapat menyebabkan gagal jantung dan stroke. Dengan sering mengonsumsi sayuran hijau mentah seperti selada dapat menjadi pembangkit tenaga suplemen. Langsung dari sumber serat yang luar biasa menjadi sumber yang kaya vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6 hingga zat besi, kalium, folat, dan mangan. Selain itu, umumnya sayuran yang dikonsumsi mentah karena memiliki mikronutrien yang hilang jika dimasak secara berlebihan.


Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu penjelasan penting mengapa selada daun hijau bisa menjadi makanan penurun berat badan yang ideal adalah kalorinya. Satu porsi selada daun hijau hanya mengandung lima kalori. Juga, selada daun hijau membantu menjembatani kesenjangan mikronutrien yang umumnya sulit dicapai pada diet rendah kalori. Selada daun hijau juga sangat rendah lemak. Menambahkan satu porsi daun selada hijau ke dalam menu makan siang bisa menjadi langkah yang cerdas.


Membantu Tidur Jadi Lebih Mudah

Salah satu kebiasaan utama penggunaan selada dalam pengobatan Yunani adalah sebagai penginduksi tidur. Penelitian ke dalam konsentrat selada menghasilkan pemisahan zat depresan. Senyawa ini, ketika digunakan pada hewan menunjukkan dampak narkotika yang sangat besar. Laporan penelitian pada 2013 ini merekomendasikan bahwa komponen utama yang bertanggung jawab atas dampak pada ini mungkin adalah agen non-polar, yang ditemukan dalam fraksi n-butanol (NBF) yang terkandung di dalamnya. Penurunan denyut nadi dan penarikan ventrikel juga diperhatikan. Sintetik spesifik ini bekerja dengan menghalangi siklus tanda rangsang pada jaringan padat dan saraf.


Melawan Kanker

Dengan antioksidan seperti beta-karoten dan lutein, selada daun hijau memiliki sifat melawan kanker. Antioksidan ini hadir dalam selada daun hijau dan dapat mengurangi perkembangan sel kanker. Menurut penelitian, sebagian besar campuran sayuran mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan mengendalikan perkembangan sel kanker.


Meningkatkan Kesehatan Otak

Kasus-kasus kerusakan otak yang luar biasa dapat mendorong sel-sel saraf yang lewat, mendorong infeksi otak yang ekstrim seperti Alzheimer. Ekstrak selada, menurut berbagai penelitian, telah berhasil mengendalikan sel saraf ini karena tugasnya dalam GSD atau kekurangan glukosa/serum. Selada daun hijau juga kaya akan nitrat makanan. Senyawa ini diubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh, yang merupakan molekul sinyal seluler yang meningkatkan kapasitas endotel. Penurunan kapasitas endotel menambah kerusakan intelektual dan masalah neurologis lainnya yang diidentifikasi dengan penuaan. Penerimaan selada daun hijau dapat memperlambat ini. Nah, itulah manfaat daun selada hijau untuk kesehatan.