• Novi Amaliyah

7 Manfaat Mengonsumsi Nanas


Nanas adalah salah satu buah yang popular di negara-negara tropis selain biasa dikonsumsi langsung, jus nanas segar juga jadi minuman yang menyegarkan. Tak hanya dikonsumi banyak budaya yang menjadikan buah nanas serta jus nanas segar sebagai obat tradisional untuk mengobati atau mencegah berbagai penyakit.


Penelitian modern telah menghubungkan jus nanas dan senyawanya yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan fungsi pencernaan, kesehatan jantung, mengurangi peradangan, dan bahkan beberapa perlindungan terhadap kanker. Berikut adalah 7 manfaat nanas, berdasarkan penelitian.


Kaya Nutrsi

Jus nanas kaya akan beragam vitamin dan mineral. Karena mengandung dengan mangan, tembaga, vitamin B6, dan vitamin C. Dimana semuanya memainkan peran penting dalam berfungsinya organ tubuh.


Mengandung  Tambahan Senyawa Bermanfaat

Nanas kaya akan antioksidan, yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan dan penyakit. Kandungan bromelain dalam nanas yang merupakan sekelompok enzim yang dapat mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi pencernaan, dan meningkatkan kekebalan tubuh.


Menekan Inflamasi

Bromelain, dalam nanas dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh trauma, cedera, pembedahan, rheumatoid arthritis, atau osteoarthritis. Namun, studi lebih spesifik perlu dilakukan kembali.


Meningkatkan Imunitas

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jus nanas dapat berkontribusi pada peningkatan sistem kekebalan yang lebih kuat. Ini juga dapat membantu meningkatkan efektivitas antibiotik.


Membantu Pencernaan

Bromelain dalam nanas dapat membantu pencernaan, menjaga terhadap bakteri berbahaya yang menyebabkan diare, dan mengurangi peradangan pada orang dengan gangguan radang usus.


Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menghubungkan bromelain yang secara alami ditemukan dalam nanas berindikasi sebagai penanda peningkatan kesehatan jantung.


Melawan Beberapa Tipe Kanker

Studi tabung menunjukkan bahwa jumlah bromelain yang terkonsentrasi dapat membantu melindungi terhadap kanker. Namun, saat ini masih belum jelas apakah nanas menawarkan manfaat serupa pada manusia.

 

© 2019 yukmakan channel