• Novi Amaliyah

7 Manfaat Teh Kombucha Untuk Kesehatan


Kombucha adalah teh fermentasi yang telah dikonsumsi selama ribuan tahun. Tidak hanya memiliki manfaat kesehatan yang sama seperti teh, kombucha juga kaya akan probiotik yang bermanfaat. Kombuca juga mengandung antioksidan yang dapat membunuh bakteri berbahaya dan dapat membantu melawan beberapa penyakit. Berikut 7 manfaat kesehatan kombucha seperti dilansir Healthline.


1. Kaya Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang dibutuhkan di dalam sistem pencernaan. Bakteri baik ini bermanfaat untuk meningkatkan banyak aspek kesehatan, termasuk pencernaan, peradangan, dan bahkan penurunan berat badan. Untuk alasan ini, mengonsumsi minuman seperti kombucha dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.


2. Kombucha Dapat Memberikan Manfaat Kesehatan Seperti Teh Hijau Kombucha yang terbuat dari teh hijau dapat memberikan banyak manfaat kesehatan yang sama seperti teh hijau itu sendiri, seperti membantu penurunan berat badan dan mengontrol gula darah.


3. Kaya Antioksidan

Kombucha kaya akan antioksidan, antioksidan adalah zat yang melawan radikal bebas, molekul reaktif yang dapat merusak sel. Banyak ilmuwan percaya antioksidan dari makanan dan minuman lebih baik untuk kesehatan daripada suplemen antioksidan. Kombucha, terutama yang dibuat dengan teh hijau, memiliki efek antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan hati.


4. Kombucha Dapat Membunuh Bakteri

Kombucha kaya akan polifenol teh dan asam asetat, yang keduanya telah terbukti menekan pertumbuhan bakteri dan jamur yang tidak diinginkan.


5. Kombucha Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Kombucha telah terbukti dapat menurutnkan kadar kolesterol jahat (LDL) danmembantu meningkatkan kadar kolesterol (baik) HDL pada tikus. Ini juga dapat melindungi terhadap penyakit jantung.


6. Kombucha Dapat Membantu Mengatur Diabetes Tipe 2

Kombucha yang terbuat dari teh hijau dipercaya memiliki lebih banyak manfaat karena teh hijau sendiri telah terbukti dapat membantu mengurangi kadar gula darah. Faktanya, sebuah studi tinjauan terhadap hampir 300.000 orang menemukan bahwa peminum teh hijau memiliki risiko 18% lebih rendah terkena diabetes.


7. Kombucha Dapat Membantu Melindungi Dari Kanker

Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa kombucha dapat menekan pertumbuhan sel kanker. Ini karena teh kaya akan kandungan antioksidan polifenol memblokir mutasi gen dan pertumbuhan sel kanker dan membantu membunuh sel kanker.