• Maria Yuliana Kusrini

7 Perbedaan Mentega dan Margarin

Mungkin bagi sebagian besar masyarakat luas, mengganggap jika mentega dan margarin adalah produk yang sama. Nyatanya, kedua produk yang sering dijadikan untuk bahan membuat kue ini tidaklah sama alias berbeda. Bagi yang belum begitu mengerti perbedaan keduanya, berikut ini beberapa perbedaan yang ada pada mentega dan margarin.



Bahan Baku

Butter atau mentega umumnya menjadikan susu sapi sebagai bahan utamanya. Tak hanya susu sapi, tapi juga bisa berasal dari susu kambing ataupun susu domba. Sedangkan untuk margarin merupakan produk non susu karena dibuat dari bahan utama yang berasal dari lemak minyak nabati. Umumnya margarin terbuat dari kelapa sawit.


Bahan Tambahan

Umumnya, mentega tidak menggunakan bahan tambahan pangan seperti emulsifier dan stabilizer. Sedangkan margarin biasanya menggunakan bahan tambahan pangan berupa emulsifier dan stabilizer.


Tekstur

Untuk teksturnya, mentega punya tekstur yang begitu lembut. Sebaliknya, margarin cenderung bertekstur keras dan lebih padat.


Aroma

Membahas aroma keduanya, mentega jelas memiliki aroma yang lebih menggugah selera ketimbang aroma margarin. Itu karena mentega dibuat dari lemak hewani sehingga memiliki aroma khas susu yang gurih. Sedangkan untuk margarin yang dibuat dari lemak nabati memiliki aroma langu khas dari tumbuh-tumbuhan, sehingga perlu ditambahkan perisa atau perasa tambahan agar lebih beraroma.


Titik Leleh

Saat dimakan, mentega akan cepat lumer di mulut. Itu karena mentega memiliki titik leleh atau melting point di rentang suhu tubuh normal. Sedangkan margarin memiliki titik leleh lebih tinggi dari suhu tubuh.


Rasa

Mentega memiliki citarasa yang unik dan akan membuat kreasi makanan menjadi lebih lezat. Citarasa gurih mentega yang khas akan sukses menggugah selera. Rasa gurih pada mentega ini pun tidak dijumpai pada margarin. Tak hanya itu saja, saat dimakan mentega tidak akan meninggalkan rasa seperti lilin di lidah dan langit-langit mulut. Sedangkan margarin akan meninggalkan rasa di lidah dan bagian atas mulut.


Kandungan

Mentega yang dibuat dari susu atau lemak hewani cenderung memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan dengan margarin. Kandungan mentega hampir 80% nya adalah lemak. Sedangkan margarin memiliki kandungan lemak yang lebih rendah dibandingkan mentega.