• Novi Amaliyah

7 Sayuran Yang Baik Bagi Penderita Hipertensi


Hipertensi, atau tekanan darah tinggi, adalah faktor risiko paling umum yang dapat dicegah untuk penyakit jantung. Obat-obatan, termasuk penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE), biasanya digunakan untuk mengurangi tingkat tekanan darah.


Namun, perubahan gaya hidup, termasuk modifikasi pola makan, dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah ke kisaran optimal dan mengurangi risiko penyakit jantung. Selain bisa membantu mengurangi tekanan darah dan mempertahankannya di tingkat normal beberapa penelitian menunjukkan beberapa makanan dapat membantu mengurangi tekanan darah. Terutama makanan yang memiliki nutrisi tinggi akan kalium dan magnesium. Berikut 7 sayuran yang baik untuk penderita tekanan darah tinggi.


Wortel

Wortel kaya akan senyawa fenolik, seperti asam klorogenat, p-coumaric, dan caffeic, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah. Wortel bisa dinikmati dalam keadaan matang atau mentah, namun dengan mengonsumsi mentah akan lebih efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian yang melibatkan 2.195 orang berusia 40-59 tahun menemukan bahwa asupan wortel mentah secara signifikan terkait dengan tingkat tekanan darah yang lebih rendah.


Seledri

Seledri adalah salah satu sayuran yang banyak dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Ini dikarenakan seledri mengandung senyawa phthalides, yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tingkat tekanan darah. Untuk mendapaatkan manfaat baiknya untuk tekanan darah tinggi, konsumsi seledri mentah tanpa perlu dimasak. Kamu bisa membuat jus seledri dicampur dengan apel dan jeruk lemon.


Tomat

Tomat dan produk olahan tomat kaya akan nutrisi, termasuk potasium dan pigmen karotenoid likopen. Lycopene banyak dikaitkan secara signifikan memiliki efek yang baik untuk kesehatan jantung dan makan makanan tinggi nutrisi ini, seperti tomat, dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

Brokoli

Brokoli dikenal karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan sistem peredaran darah. Selain itu brokoli juga sarat dengan antioksidan flavonoid, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh.


Beets

Beet dan daunnya adalah sayur yang sangat bernutrisi dan sangat baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita tekanan darah tinggi. Sayuran ini tinggi kandungan nitrat, yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan dapat menurunkan tekanan darah. Just buat bit segar dinilai lebih efektif untuk mengurangi tekanan darah tinggi jika dibandingkan dengan beets yang dimasak terlebih dulu.

Mentimun

Salah satu faktor yang berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi adalah terlalu banyak konsums garam (natrium) dan terlalu sedikit kalium dalam makanan yang dikonsumsi. Kelebihan garam menyebabkan tubuh menahan cairan, yang berakibat pada peningkatan tekanan darah. Kalium adalah elektrolit yang membantu mengatur jumlah natrium yang ditahan oleh ginjal. Mentimun adalah salah satu sayur yang kaya akan potasium. Mengonsumsi mentimun atau air mentimun membantu tubuh untuk mendapatkan lebih banyak potasium dimana dapat membantu menurunkan tekanan darah.