• Maria Yuliana Kusrini

7 Tips Menyimpan Daging Sapi yang Benar

Daging sapi jadi salah satu bahan masakan yang pastinya disukai oleh banyak orang. Selain punya banyak manfaat dan kandungan gizi yang baik buat tubuh, daging sapi juga bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan bercitarasa lezat.


Umumnya daging sapi memiliki harga yang terbilang tidak murah, jika dibandingkan dengan harga bahan masakan lainnya. Untuk itu, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat menyimpan daging sapi supaya awet dan tidak merubah kandungan gizi di dalamnya. Berikut ini 7 tips menyimpan daging sapi yang benar.



1. Langsung simpan di lemari pendingin

Setelah dibeli, apabila tidak langsung akan dimasak, daging sapi sebaiknya langsung di simpan dalam lemari pendingin. Untuk menyimpannya, disarankan dengan suhu -1 C sampai dengan -5 C. Dan ketika sudah disimpan dalam lemari pendingin, jangan keluar masukkan daging, kecuali hendak dimasak.


2. Jangan ditumpuk

Saat menyimpan daging di lemari pendingin, daging jangan disimpan dalam keadaan menumpuk. Selalu letakkan daging sapi segar atau mentah dalam satu lapisan saja.


3. Simpan daging dengan ukuran kecil atau sesuai kebutuhan

Daging yang hendak di simpan di lemari pendingin atau hendak dibekukan, hendaknya sudah dalam keadaan dipotong. Bukan dalam keadaan masih berukuran besar atau utuh. Hal itu dimaksudkan agar tidak ada daging berlebih dan menghindari daging keluar masuk lemari pendingin.


4. Simpan dalam wadah tertutup

Saat hendak menyimpannya dalam lemari pendingin, daging sapi sudah dimasukkan ke dalam wadah tertutup seperti kantong plastik atau wadah serbaguna. Tentunya dengan jumlah daging yang disesuaikan dengan kebutuhan. Hal ini dimaksudkan supaya daging sapi tidak terkontaminasi dengan bahan lainnya. Serta memudahkan saat hendak diambil atau digunakan.


5. Jangan dicuci

Daging sapi tidak disarankan untuk dicuci. Itu akan menyebabkan penyebaran bakteri ke permukaan lainnya dan ada kontaminasi bakteri dari airnya. Apabila daging terlihat kotor, sebaiknya potong dan buang bagian kotornya saja atau bisa juga dibersihkan dengan menggunakan tisu dapur.


6. Proses thawing yang benar

Setelah daging dikeluarkan dari lemari pendingin, sebaiknya daging dithawing atau dibiarkan mencair secara alami. Tidak dibenarkan melakukan proses thawing dengan cara merendam daging di dalam air. Sebaiknya sehari sebelum daging hendak digunakan, daging dikeluarkan dari freezer dan dipindahkan ke bagian chiller. Sehingga daging yang akan dimasak itu pun tidak beku lagi.


7. Masa simpan daging

Daging segar yang disimpan dalam chiller dapat bertahan selama 3 hari. Sedangkan untuk daging yang disimpan dalam freezer akan membeku dan bisa bertahan hingga 1 tahun lamanya.