• Maria Yuliana Kusrini

8 Fakta Menarik Seputar Pasta yang Kamu Perlu Ketahui

Pasta merupakan salah satu jenis makanan yang masuk dalam kategori hidangan Barat atau Western. Pasta sendiri selalu diidentikkan sebagai salah satu makanan khas Italia. Varian dari pasta sendiri terbilang sangat banyak jenisnya dan dapat diolah dengan aneka saus serta dipadupadankan dengan bahan makanan lainnya. Mengulik tentang pasta, berikut ini ada beberapa fakta menarik yang mungkin belum diketahui seputar pasta.



1. Meski selalu diidentikkan sebagai makanan Italia, faktanya pasta punya varian dan tampilan yang berbeda-beda. Setidaknya terdapat lebih dari 600 bentuk pasta berbeda yang bisa ditemukan di seluruh dunia ini.


2. Pasta adalah salah satu sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Karbohidrat ini dapat membantu memberikan suplai bahan bakar bagi tubuh atau energi yang digunakan untuk beraktivitas. Selain mengandung karbohidrat, juga ada kandungan protein di dalamnya.

3. Kebanyakan pasta dibuat dengan menjadikan gandum sebagai bahan utamanya yang dicampur dengan air. Akan tetapi, ada juga jenis pasta yang dibuat dari beras, barley, jagung, ataupun kacang-kacangnya.


4. Christopher Colombus merupakan salah satu penggemar olahan pasta yang namanya tersohor. Ia dilahirkan pada bulan Oktober dan di Italia, bulan itu pun akhirnya dirayakan sebagai Bulan Nasional Pasta.


5. Di sekitaran tahun 400 SM, orang-orang Etruscan yang untuk pertama kalinya membuat pasta. Bukti itu ditemukan dan terlihat dari ukiran dalam gua yang lokasinya terletak 30 mil di utara Roma. Pada ukiran itu digambarkan proses pembuatan pasta.


6. Pasta akhirnya juga begitu populer di Amerika. Tokoh bernama Thomas Jefferson disebut sebagai orang pertama yang memperkenalkan makaroni ke Amerika Serikat. Waktu itu, ia menjadi Duta Besar AS untuk Perancis dan mencicipi salah satu olahan pasta, yaitu makaroni di Naples. Sejak itu, ia sangat suka pasta, khususnya makaroni. Ia pun memesan berpeti-peti makaroni dan mesin pembuat pasta untuk dikirimkan ke Amerika Serikat.


7. Pabrik pasta pertama di Amerika Serikat dibuka pada tahun 1848. Lokasinya ada di Brooklyn, New York yang dibuka oleh pria Perancis bernama Antoine Zerega. Untuk mengoperasikan mesin yang ada di pabriknya, ia hanya dibantu seekor kuda. Dan untuk mengeringkan spaghettinya, ia menjemurnya di atas atap rumahnya.


8. Salah satu jenis pasta, yakni makaroni awalnya dianggap sebagai makanan kelas bawah. Baru setelah tahun 1960-an mengalami perubahan dan puncaknya di tahun 1980-an pasta pun bisa naik kelas menjadi makanan kaum atas.