• Novi Amaliyah

8 Makanan Sehat Yang Dapat Memperbaiki Mood



Di situasi yang tidak menentu seperti sekarang ini terkadang menguras energi dan pikiran, tak jarang membuat kita merasa sedih dan tak bersemangat. Biasanya kita jadi tergoda untuk ngemil makanan manis sebagai pelarian dan berharap dapat memperbaiki mood yang turun secara instan. Namun makanan manis tinggi gula dan kalori jika dikonsumsi terlalu banyak bisa mengakibatkan kenaikan berat badan dan konsekuensi negatif lainnya. Ngemil makanan manis terkadang jadi solusi praktis untuk memperbaiki mood.


Baru-baru ini diungkapkan sebuah penelitian tentang hubungan antara nutrisi dan kesehatan mental. Penting untuk dicatat bahwa suasana hati atau mood juga dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti stres, lingkungan, kurang tidur, genetika, gangguan suasana hati, dan defisiensi nutrisi. Karena itu, sulit untuk menentukan secara akurat apakah makanan dapat membangkitkan semangat atau memperbaiki mood. Meskipun demikian, makanan tertentu telah terbukti dapat meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan dan beberapa jenis gangguan mood. Berikut adalah 8 makanan sehat yang dapat meningkatkan mood seperti dilansir dari Healthline.


Ikan Kaya Asam Lemak Omega-3

Ikan berlemak seperti salmon kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat menurunkan risiko depresi. Asam lemak omega-3 adalah sekelompok lemak esensial yang harus didapatkan oleh tubuh karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Ikan berlemak seperti salmon dan tuna albacore kaya akan dua jenis omega-3 - asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA). Omega-3 berkontribusi pada fluiditas membran sel otak yang berperan penting dalam perkembangan otak dan pensinyalan sel. Berbagai hasil penelitian yang sudah teruji secara klini juga menunjukkan mengonsumsi omega-3 dalam bentuk minyak ikan mampu menurunkan tingkat depresi.


Dark Chocolate

Makanan manis yang mengandung gula dapat meningkatkan suasana hati karena merupakan sumber bahan bakar yang cepat untuk otak. Selain itu juga dapat melepaskan senyawa perasaan-baik, seperti kafein, theobromin, dan N-acylethanolamine dimana zat yang secara kimia mirip dengan cannabinoid yang sering dikaitkan dengan peningkatan mood. beberapa ahli memperdebatkan apakah cokelat mengandung cukup banyak senyawa ini untuk memicu respons psikologis. Apapun itu, dark chocolate kaya akan flavonoid yang meningkatkan kesehatan, yang telah terbukti meningkatkan aliran darah ke otak, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan otak, yang semuanya dapat mendukung pengaturan suasana hati atau mood. Dark chocolate juga memiliki peringkat hedonis tertinggi dalam makanan, yang berarti bahwa rasa, tekstur, dan baunya yang menyenangkan juga dapat meningkatkan suasana hati yang baik. Siapa tak suka dengan dark chocolate?.

Makanan Berfermentasi

Karena 90% dari serotonin tubuh diproduksi di usus, usus yang sehat sangat mungkin berhubungan erat dengan suasana hati yang baik. Makanan fermentasi seperti kimchi, yogurt, kefir, kombucha, dan asinan kubis seperti sauerkraut kaya akan probiotik yang mendukung kesehatan usus. Perbanyaklah konsumi makanan berfermentasi untuk menjaga kesehatan usus.

Pisang

Pisang adalah sumber gula alami, vitamin B6, dan serat prebiotik yang hebat, dimana keduanya bekerja sama untuk menjaga kadar gula darah dan suasana hati tetap stabil.


Oats

Oat menyediakan serat yang dapat menstabilkan kadar gula darah dan meningkatkan mood. Oats juga tinggi zat besi, yang dapat memperbaiki mood pada mereka yang menderita anemia dan kekurangan zat besi.


Berries

Buah beri kaya akan berbagai antioksidan dan senyawa fenolik, yang memainkan peran penting dalam memerangi stres oksidatif dan ketidakseimbangan senyawa berbahaya dalam tubuh. Buah ini juga sangat tinggi kandungan anthocyanin, pigmen yang memberi beri warna ungu-biru pada buah tertentu. Satu studi mengaitkan diet kaya anthocyanin mengalami risiko gejala depresi 39% lebih rendah.


Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu kaya triptofan, seng, dan selenium, yang dapat mendukung fungsi otak dan menurunkan risiko depresi.


Kopi

Kopi menyediakan banyak senyawa, termasuk kafein dan asam klorogenik, yang dapat meningkatkan suasana hati. Penelitian menunjukkan bahwa kopi tanpa kafein atau decaf coffee juga mungkin memiliki efek yang sama.


© 2019 yukmakan channel