• Novi Amaliyah

8 Makanan Untuk Sarapan Sehat


Sarapan adalah ritual penting sebelum memulai aktivitas harian, karenanya pilihan menu sarapan jadi sangat penting. Mulailah dengan pilihan menu sarapan bernutrisi baik yang akan membuat kamu tetap energi dan segar sepanjang hari. Ketika memulai hari dengan asupan sarapan yang tepat akan membantu fokus jadi lebih baik. Protein dan lemak nabati selalu merupakan pilihan yang baik, karena keduanya membuat kenyang, selain itu juga makanan yang kaya vitamin B untuk energi. Berikut makanan yang sehat untuk dijadikan sarapan.

Telur organik atau Telur Ayam Kampung

Telur organik merupukan telur yang berasal dari ayam yang dipelihara dengan pakanan organik bersertifikat, biasanya peternakan ayam ini juga merumput dan makan rumput. Ini berarti telurnya mengandung jumlah lemak omega 3 yang lebih tinggi. Telur dianggap makanan yang sangat seimbang, karena kuning telur mengandung semua lemak baik, vitamin B dan kolin untuk kesehatan otak, dan putih telur adalah sumber protein yang lengkap.

Pepaya

Buah tropis satu ini kaya dengan enzim papain, yang membantu mencerna protein.Selain itu pepaya kaya akan vitamin C, antiinflamasi dan sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Buah satu ini juga bisa dijadikan sebagai camilan yang enak untuk anak-anak, campur beberapa potongan dengan yogurt untuk tekstur yang halus dan lembut. Jika tidak, tambahkan pepaya beku ke smoothie favorit.


Chia Seed

Biji chia atau chia seed adalah sumber protein lengkap yang akan membuat kamu merasa kenyang. Biji super ini juga kaya akan asam lemak esensial, magnesium, zat besi dan vitamin B. Biji chia sangat nikmat jika direndam dalam susu almond, santan atau susu semalaman, dan kemudian ditaburi dengan kacang favorit atau dengan buah-buahan untuk awal yang bergizi.


Pisang

Pisang mengandung mineral potassium, yang dibutuhkan untuk membantu menjaga sistem saraf agar tetap menyala dan mengirim pesan kimia ke seluruh tubuh. Tryptophan adalah keajaiban lain yang ditemukan dalam pisang. Triptofan diperlukan untuk membuat hormon bahagia, serotonin. Selain itu, pisang mengandung B6 yang sangat penting untuk kesehatan sistem saraf.


Activated Nut

Activated Nut atau kacang yang diaktifkan adalah kacang yang telah direndam untuk membantu memecahnya dan kemudian dikeringkan agar tetap segar. Kacang  adalah sumber protein lengkap, sarat dengan lemak, dan kaya akan mineral dan vitamin. Jika kamu termasuk salah satu orang yang cukup sibuk dan tidak cukup punya banyak waktu untuk menyediakan sarapan, maka kacang yang diaktifkan adalah makanan yang sempurna. Pilih kacang almond, kenari, kacang mete, dan kacang brazil untuk memulai hari yang sibuk.


Alga dan Rumput Mentah

Keluarga ganggang atau alga seperti spirulina dan chlorella, serta rumput seperti wheatgrass dan barley grass bisa ditambahkan ke dalam smoothie sebagai sarapan. Bahan makanan ini dipenuhi dengan protein, lemak sehat, vitamin B, mineral dan juga kaya serat, makanan ini membuat alkali dan mengisi ulang sel untuk awal hari yang baik.


Berry

Berry adalah salah satu buah dengan fruktosa yang lebih rendah dan bisa dijadikan pilihan yang baik untuk sarapan. Buah berry mengandung anthocyanin, antioksidan kuat untuk membantu menjaga sel-sel tetap sehat. Pilihlah buah beri lokal dan organik. Tambahkan buah 8 buah berry pada semangkuk oat sebagai menu sarapan.


Yogurt Kelapa

Bakteri sehat diperlukan untuk mendukung seluruh sistem pencernaan. Ada sekitar 100 triliun bakteri di dalam usus kita dan kita perlu makan bakteri sehat setiap hari untuk memastikan kita mendapatkan yang lebih baik daripada yang buruk melalui diet kita. Yogurt bisa jadi salah satu pilihan, selain yogurt dari susu sapi kamu bisa mencoba pilihan yogurt vegan dari kelapa. Yogurt kelapa sarat dengan elektrolit untuk rehidrasi dan juga kaya serat saat dibuat dari daging kelapa. Padukan yogurt dengan  kacang dan buah-buahan untuk sarapan lebih bernutrisi.

© 2019 yukmakan channel