• Novi Amaliyah

8 Makanan yang Meningkatkan Produktivitas


Sudah diketahui bahwa apa yang kita konsumsi dapat memiliki pengaruh besar pada beberapa aspek kesehatan tubuh. Mulai dari lingkar pinggang hingga tingkat energi, tetapi tahukah kamu kalau ada beberapa makanan tertentu yang baik untuk otak yang dapat membantu meningkatkan produktivitas, meningkatkan memori, dan membantu menjaga untuk tetap fokus sepanjanga hari. Ada beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan produktivitas.


Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa dengan menyediakan nutrisi yang tepat dan mengatasi kekurangan zat gizi mikro dapat meningkatkan tingkat produktivitas hingga 20 persen. Jadi, lain kali jika kamu mengalami kehilangan fokus menjelang sore dan rasanya mustahil untuk menyelesaikan pekerjaan apa pun, mungkin sudah waktunya untuk mengubah pola makan. Cukup memasukkan beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan produktivitas ke dalam diet seimbang dan sehat mungkin menjadi kunci untuk tetap fokus dan berenergi untuk mengatasi berbagai kemungkinan. Berikut 8 makanan untuk membantu meningkatkan produktivitas.


Bit

Tidak heran jika sayuran segar ini dianggap sebagai makanan yang baik untuk produktivitas otak. Bit penuh dengan manfaat meningkatkan produktivitas berkat kandungan nitratnya yang terkonsentrasi dimana merupakan senyawa alami yang bertindak sebagai vasodilator untuk meningkatkan aliran darah. Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan di Nitric Oxide benar-benar menemukan bahwa diet tinggi nitrat yang kaya jus bit mampu meningkatkan aliran darah ke daerah tertentu di otak yang bertanggung jawab untuk perhatian dan pengaturan diri.


Salmon

Salmon menyediakan megadosis asam lemak omega-3 yang menjadikannya makanan utama untuk energi dan fokus mental. Lemak sehat ini dikaitkan dengan daftar manfaat kesehatan yang cukup luas, mulai dari penurunan peradangan hingga kesehatan jantung yang lebih baik. Penelitian yang sedang berkembang juga menemukan bahwa meningkatkan asupan asam lemak omega-3 dari makanan seperti salmon dapat membantu meningkatkan memori dan meningkatkan kinerja otak.


Brokoli

Ada banyak alasan untuk memakan brokoli, mulai dari kandungan seratnya yang mengesankan hingga kekayaan vitamin dan mineral penting. Tapi tahukah kamu jika brokoli juga dapat membantu kamu tetap terjaga dan berfikiran tajam serta meningkatkan kekuatan otak Anda. Brokoli kaya akan kolin, nutrisi penting dengan manfaat kuat dalam hal kognisi. Penelitian menunjukkan bahwa kolin terlibat dalam kinerja kognitif, perkembangan otak dan bahkan fungsi memori.


Teh Hijau

Secangkir teh hijau di pagi hari mungkin menjadi secangkir asupan yang dibutuhkan untuk memulai hari dengan baik dan meningkatkan produktivitas. Menurut ulasan tahun 2017 baru-baru ini tentang teh hijau dimana didapatkan temuan, jika teh hijau dapat memiliki beberapa efek yang cukup kuat pada otak. Ini juga telah dikaitkan dengan berkurangnya kecemasan, ingatan yang lebih baik, dan peningkatan perhatian. Tidak hanya itu, beberapa penelitian pada hewan yang menjanjikan bahkan menemukan bahwa ekstrak teh hijau dapat membantu melindungi dari kelelahan kronis untuk membantu menjalani hari.

Telur

Menikmati telur orak-arik atau telur dadar berisi sayuran untuk sarapan adalah cara yang bagus untuk meningkatkan produktivitas sepanjang hari. Telur tidak hanya sarat dengan kolin, nutrisi penting yang dapat meningkatkan kognisi, tetapi juga merupakan sumber protein yang baik. Sebuah studi di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa sarapan tinggi protein menyebabkan pengurangan ghrelin, hormon yang bertanggung jawab untuk merangsang rasa lapar, lebih besar dibandingkan dengan sarapan tinggi karbohidrat. Ini berarti akan membantu kamu tetap kenyang lebih lama, memungkinkan untuk fokus pada tugas yang ada daripada perut yang keroncongan karena lapar.


Dak Chocolate

Berita bagus untuk para pecinta cokelat, camilan manis yang lezat ini masuk dalam daftar makanan teratas yang meningkatkan produktivitas, memberi lebih banyak alasan untuk memanjakan diri. Salah satu alasan mengapa dark hocolate sangat bagus untuk produktivitas adalah karena mengandung kafein, yang dapat membantu meningkatkan tingkat energi, konsentrasi, dan kewaspadaan. Dark chocolate juga merupakan sumber magnesium yang baik, mineral penting yang telah terbukti meningkatkan pembelajaran dan memori dalam penelitian pada hewan.


Kacang Almond

Kacang sehat ini dikemas dengan banyak nutrisi. Faktanya, hanya satu porsi ons dapat memenuhi 37 persen kebutuhan vitamin E kamu, nutrisi penting untuk melindungi otak dari penuaan. Sebuah penelitian pada hewan dari Pakistan juga menemukan bahwa makan almond secara teratur dapat meningkatkan kadar asetilkolin, sejenis neurotransmitter yang meningkatkan pembelajaran dan memori. Plus, sebuah studi tahun 2014 dari Brigham and Women's Hospital menunjukkan bahwa konsumsi kacang yang lebih tinggi dikaitkan dengan perhatian dan fungsi kognitif yang lebih baik pada wanita yang lebih tua.


Ubi Jalar

Ubi mungkin biasa jadi makanan hari-hari bagi mereka yang biasa tinggal di desa. Tahukah kamu, ubi penuh dengan karbohidrat kompleks, ubi jalar dicerna perlahan untuk meningkatkan rasa kenyang, menstabilkan gula darah dan memberi aliran energi yang stabil untuk membantu meningkatkan produktivitas. Ubi jalar juga merupakan makanan yang sangat padat nutrisi dan merupakan sumber vitamin A dan vitamin C yang sangat baik, yang keduanya telah terbukti berperan dalam fungsi otak.