© 2019 yukmakan channel

  • Novi Amaliyah

8 Makanan yang Tak Disangka Asal Usulnya

Siapa tak suka kelezatan croissant khas Prancis, kepopuleran pizzanya Italia, hingga churros yang identik dengan Spanyol? Deretan makanan itu adalah jenis makanan populer bahkan dijadikan sebagai makanan nasional sebuah negara.

Jika berkunjung ke suatu negara, rasanya tak lengkap jika tidak mencicipi citarasa asli makanan khasnya. Tapi tahukah kamu jika kepopuleran beberapa makanan nasional yang selama ini melekat pada sebuah negara ternyata justru berasal dari negara dan tempat lain yang tidak terduga. Apa saja makanan tersebut dan dari mana sebenarnya makanan tersebut berasal, yuk simak penjelasan berikut! French Fries Meski memiliki nama yang berasosiasi dengan Prancis, tapi french fries alias kentang goreng jutru bukan berasal dari Prancis. Jika ditelusuri kentang goreng, justru berasal dari Belgia. Di Belgia kentang goreng atau yang dikenal dengan frites merupakan makanan yang mudah ditemukan di berbagai penjuru Belgia dan bisa dinikmati kapan pun. Untuk hal ini Belgia juga sudah mendaftarkan french fries ke UNESCO sebagai salah satu warisan budaya resmi mereka.

Pizza Dikenal sebagai makanan khas Italia, ternyata pizza memiliki asal-usul sejarah yang berasal dari Timur Tengah pada peradaban kuno. Dimana orang-orang Timur Tengah biasa menambahkan berbagai topping pada roti pipih mereka. Tapi kamu setuju kalau di Italia, roti pipih bertopping ini menjadi lebih sempurna dengan paduan kelezatan keju khas Italia yang beragam jenisnya.

Croissant Siapa tak kenal sajian pastry khas Perancis satu ini. Dimana pastry berlapis yang garing dan meleleh di mulut dengan keharuman butter yang menggugah selera. Kudapan satu ini menjadi teman yang sempurna untuk secangkir kopi di pagi hari bukan. Ternyata croissant pertama kali diciptakan di Austria dan disempurnakan di Prancis.

Swedish Meatballs Jatuh cinta dengan citarasa bola-bola daging khas Swedia di IKEA. Sajian yang dikenal dengan Swedish Meatballs ini biasa disajikan dengan kentang tumbuk, saus krim, serta saus cranberry yang memberikan sentuhan citarasa yang unik pada makanan khas negara Skandinavia ini. Ternyata sajian berasal dari Turki, Kofta.

Danish Pastry Jatuh cinta dengan kelezatan Danish Pastry? Kudapan yang identik dengan Negara Denmark ini ternyata berasal dari Wina, Austria. Dulu ketika para pembuat roti di Denmark mogok kerja, para baker dari Wina, Austria datang untuk menyelamatkan dan memperkenalkan kelezatan pastry berlapis buatan mereka.

Churros Ada beberapa kisah mengenai asal mula churros, ada sumber yang menyatakan bahwa camilan satu ini ditemukan di China oleh pelaut Portugis yang kemudian membawa kreasi camilan bertabur gula dan kayu manis ini ke Amerika Latin.

Saurkraut Rasanya tak mungkin melewatkan pesta makan besar di Jerman tanpa kehadiran Saurkraut. Sajian khas pendamping bersantap Jerman ini memang seperti layaknya kimchi pada sajian Korea. Tapi tahukah kamu kol cacah berfermentasi ini aslinya berasal dari China?

Apple Pie Pernah mendengar frasa American Pie yang seolah memberikan asosiasi, kudapan manis satu ini berasal dari Amerika padahal Apple Pie sebernarnya diciptakan di Inggris.