• Novi Amaliyah

8 Manfaat Buah Markisa Untuk Kesehatan


Buah markisa, buah beritarasa asam satu ini sangat populer menjadi salah satu sirup yang menyegarkan. secara umum ada dua jenis buah markisa yaitu Passiflora edulis yaitu buah markisa dengan kulit berwarna ungu dan Passiflora flavicarpa buah markisa dengan kulit berwarna kuning dan biasanya ukurannya lebih besar jika dibandingkan dengan yang berwarna ungu.


Markisa tumbuh di daerah tropis, buah ini aslinya berasal dari Brazil, Paraguay dan Argentina. Markisa merupakan sumber antioksidan yang baik seperti vitamin A, vitamin C, polifenol, beta-cryptoxanthin dan karotenoid, serta mineral lainnya. Karena kandungan antioksidan dan mineral penting lainnya bagi tubuh, ada banyak manfaat yang bisa didapat dari buah markisa. Berikut 8 manfaat buah markisa yang baik untuk kesehatan.


Sumber Antioksidan dan Senyawa Anti-Peradangan

Menurut penelitian, salah satu manfaat nutrisi buah markisa adalah melawan kerusakan akibatradikal bebas dan stres oksidatif, karena kandungan fitonutrien seperti karotenoid dan polifenol flavonoid. Dalam biji markisa mengandung polifenol yang disebut piceatannol, yang berfungsi memberikan perlindungan terhadap resistensi insulin di antara orang dewasa yang kelebihan berat badan. Menurut penelitian terbaru, Piceatannol adalah stilbene polifenol alami yang ditemukan di berbagai buah dan sayuran yang juga menunjukkan sifat antikanker dan anti-inflamasi.


Kaya Serat dan Rendah Glikemik Index

Markisa tinggi serat, terutama yang disebut pektin, dan rendah gula dibandingkan buah lainnya. Meskipun memiliki rasa manis yang ringan, ini dapat membantu memberikan nutrisi tanpa terlalu banyak meningkatkan gula darah. Mengonsumi markisa sangat baik untuk memenuhi kebutuhan asupan serat, beberapa menyukai untuk dibuat jus, kamu juga bisa mengunyahnya langsung untuk mendapatkan semua kebaikan dari buah satu ini.


Menyehatkan Kulit

Karena kandungan antioksidan dan sifat anti-inflamasinya, markisa dapat membantu menjaga kesehatan kulit, termasuk membantu menangkal kerutan dan mendukung penyembuhan luka. Temuan penelitian juga menunjukkan bahwa biji markisa, yang mengandung peptida tertentu, memiliki aktivitas antijamur dan dapat meningkatkan sintesis kolagen. Menurut studi 2013, piceatannol dan antioksidan kuat lainnya yang ada dalam markisa dapat mengurangi penuaan dini. Efek perlindungan kulit dari buah ini tampaknya karena kemampuannya untuk menekan generasi spesies oksigen reaktif yang diinduksi UVB dan untuk melindungi fibroblas yang membentuk matriks kulit.


Menyediakan Mineral Esensial

Sebagai sumber mineral penting yang layak seperti magnesium, kalsium, fosfor dan kalium, manfaat markisa mungkin termasuk mendukung kesehatan tulang, fungsi kardiovaskular dan kinerja fisik.


Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah markisa mengandung vitamin C, beta karoten dan polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Dimana berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti flu.


Menyehatkan Sistem Pencernaan

Markisa merupakan salah satu buah yang kaya serat. Dalam setiap satu buah markisa mengandung 2 gr serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.


Menjaga Kesehatan Mata

Biji buah markisa mengandung vitamin A yang dapat memenuhi 8% kebutuhan konsumsi harian yang dibutuhkan. Dimana vitamin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan sel dan kekebalan tubuh. Vitamin A juga sangat penting untuk menjaga kesehatan penglihatan.


Meningkatkan Fungsi Insulin

Kandungan piceatannol di dalam markisa memiliki potensi meningkatkan fungsi insulin dan menurunkan risiko terkena diabetes. Sebuah riset membuktikan jika senyawa piceatannol dalam buah markisa dapat meningkatkan metabolisme dan sensitivitas terhadap insulin yang berperan dalam proses pengubahan gula menjadi energi untuk sel tubuh.